Postes Keterampilan Membaca Kata Dasar Konsonan Rangkap Siswa Kelas 4 SD Inpres 1 Tondo
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.531Keywords:
posttes, keterampilan membaca, kata dasar, konsonan rangkapAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil poses keterampilan membaca kata dasar konsonan rangkap siswa kelas 4 SD; 2) sama-tidaknya hasil postes keterampilan membaca kata dasar konsonan rangkap siswa kelas 4 SD per gender. Penelitian berlangsung di kelas 4 SD Inpres 1 Tondo, Desa Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kabupaten Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian berlangsung di pertemuan pertama semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian ini berjumlah 26 siswa; 10 lelaki dan 16 perempuan. Sampel berjumlah 24 siswa yang terbagi dari 9 lelaki dan 15 perempuan; menurut formula Slavin. Setiap anggota sampel ditarik secara random sederhana dari kelompok populasi masingmasing. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial paramterik yakni uji t satu sampel untuk rumusan masalah-1 dan uji t sampel independen untuk rumusan masalah-2. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) hasil prates keterampilan membaca kata dasar konsonan rangkap siswa kelas 4 SD Inpres 1 Tondo, Desa Tondo mencapai mean 60; 2) kelompok perempuan memiliki hasil prates keterampilan membaca kata dasar konsonan rangkap lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok lelaki. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar perencanaan, pelaksanaan, dan atau evaluasi pembelajaran terpadu yang berfokus kepada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: postes, keterampilan membaca, kata dasar, konsonan rangkap
References
Asnan, A. (2022). Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.205
Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for Firt Time Researches. Bandung: UPI Press.
Niklas, F. dkk. (2016). The Sooner, the Better: Early Reading to Children. Sage Open, December 2016, 1-11.
Novarila, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Kata Dasar Konsonan Rangkap Berpendekatan Kelompok Kecil Menggunakan Teknik Analogi Suku Kata. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 533–542. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.119
Rahim, F. ( 2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Razak, A. (2006). Struktur Plus: Metode Alternatif Pembelajaran Membaca Permulaan. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razali, K. & Razali, I. (2013). Strategies in Improving Reading Comprehension through Vocabulary Aquisition. Englisia, Volume 1, Nomor 1, November 2013, 1-16.
Rohaeni, E., & Sugiharti, R. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kata Dasar Tanpa Konsonan Rangkap Menggunakan Metode Struktur Plus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 103–110. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.18
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Harianto, Yesti Merlin Gempo, Uing Stevrian Lumpiha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




