Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi

Authors

  • Bella Karisma SMA Pelita Utama, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Nurul Azizah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Keywords:

teknik tes, file upload, multiple choice, google form, keterampilan membaca teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks eksposisi melalui pembelajaran yang menggunakan teknik tes opsi file upload di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online; 2) keterampilan membaca teks eksposisi melalui pembelajaran yang menggunakan teknik tes opsi multiple choice di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online; 3) sama-tidaknya keterampilan membaca teks eksposisi antara pembelajaran yang menggunakan teknik tes opsi file upload dan multiple choice di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model quasi-eksperimen via desain two group posttest-pretest. Populasi penelitian adalah para siswa yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi melalui teknik tes opsi upload file dan opsi multiple choice di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online. Anggota populasi berjumlah 34 siswa SMA Pelita Utama, Kota Batam. Mereka terbagai atas 2 kelas paralel peminatan Matematika, Ilmu Pasti dan Alam. Sampel berjumlah 32 siswa yang ditarik secara random tanpa pengembalian dari setiap kelompok populasi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan membaca teks eksposisi berbentuk pilihan ganda menggunakan google form. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial yakni uji t satu satu sampel dan uji t sampel berpasangan. Semua syarat pengujian terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca teks eksposisi melalui pembelajaran yang menggunakan teknik tes opsi file upload di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online memiliki mean skor baku persen 76,85; 2) keterampilan membaca teks eksposisi melalui pembelajaran yang menggunakan teknik tes opsi multiple choice di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online memiliki mean skor baku persen 67,19; 3) adanya perbedaan keterampilan membaca teks eksposisi antara pembelajaran yang menggunakan teknik tes opsi file upload dan multiple choice di google form berbasis artikel ilmiah jurnal online.

Kata Kunci: teknik tes, file upload, multiple choice, google form, keterampilan membaca teks eksposisi

References

Ajis, A., & Siahaan, R. Y. K. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA Negeri 1 Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.51

Alfalah, A., Firnadia, E., & Jendriadi. (2022). Keefektifan Teknik Tes Menggunakan Media Literasi Digital dalam Kuliah Bahasa Indonesia terhadap Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.194

Ardiansyah, B. (2023). Penilaian Siswa terhadap Pembelajaran Membaca Teks Negosiasi Menggunakan Pendekatan Konstruktivis-me melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 575–584. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.299

Auzar, A. (2017). The Relationships of Reading Comprehension Ability with the Ability to Understand The Questions of Mathematical Word Problems. Mediterranean Journal of Social Sciences, Volume 8, No. 4S1, July 2017, 145-152.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dafittra, F., Putri, A. H., Miswanto, & Nurlela. (2023). Pengaruh Teknik Scaffolding Berbasis Media Inovatif dalam Pembelajaran Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 667–674. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.528

Dahhan, N. Z. dkk. (2016). Understanding Reading and Reading Difficulties through Naming Speed Tasks: Bridging the Gaps among Neuroscience, Cognition, and Education. AERA Open, October- December 2016, Vol. 2, No. 4, 1-15.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Hatch, E. & Farhady, H. (1982). Reseacrh Design and Statistics. Rowley, Massachusetts, USA: Newbury House Publishers.

Karo-Karo, I. R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Lidwina, S. (2013). Penulisan Paragraf dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal STIE Semarang, Vol. 5, No. 1, Februari, 38-47.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Marta, F., & Salman Alqo, D. (2022). Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA: Pendekatan Dua Bahasa. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.13

Mahsun, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: RajaGrafindo Persada.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8, Nomor 2, Desember 2010, 1-10.

Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977

Priatno, B., Padaameen, S., & Siregar, S. H. (2022). Penyediaan Teks Eksposisi Berbasis Profetik sebagai Bahan Ajar Pengayaan bagi Guru SMA/SMK/MA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 553–560. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.122

Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Warite: Student Worksheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A., Syihabuddin, S., Damaianti, V.S., Mulyati, Y. (2020). The Effectiveness of Islamic Characters by Approaching Construtivism ini Reading Understanding Ability. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling. Volume 4, No. 2, September 2020, 114-130 DOI: https://doi.org/ 10.17509/jomsign.v4i2.26214

Razak, A. (2020). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pembelajaran. Pekanbaru: Yayasan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Juli, 103-114.

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, No. 1, 2018, 47-65.

Widiastuti, R., Faizah, H., & Auzar. (2023). Pemanfaatan Artikel Ilmiah Jurnal Online dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Pilihan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 585–596. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.305

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548