Tokoh Sentral dan Tokoh Pendukung dalam Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Kartika 1-2 Medan

Authors

  • Elly Prihasti Wuriyani Prodi Pendidikan Bahasa dan Sasra Indonesia, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Mayanti Pasaribu SMA Kartika 1-2 Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.55

Keywords:

tokoh sentral, tokoh pendukung, cerpen profetik, interpretasi siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kedudukan tokoh dalam cerpen profetik menurut interpretasi siswa; 2) sama-tidaknya kedudukan tokoh cerpen profetik per gender per etnik. Penelitian berlangsung di SMA Kartika 1-2 Medan pada semester genap 2021/2022. Sebanyak 31 siswa kelas X menjadi populasi penelitian ini yakni mereka yang mengisi data di google form. Sampel ditetapkan 29 siswa yang ditarik secara random. Penetapan jumlah sampel berdasarkan prinsip yang dikembangkan oleh Slavin. Untuk mengumpulkan data kedudukan tokoh cerpen profetik menurut interpretasi siswa digunakan instrumen nontes berbentuk kuensioner. Kuensioner berjenis tertutup menggunakan fasilitas google form. Temuan penelitian bahwa bayi merupakan tokoh utama sedangkan ibu bayi merupakan tokoh kedua menurut interpretasi siswa. Tidak terdapat perbedaan signifikan bayi sebagai tokoh sentral menurut interpretasi siswa berdasarkan perbedaan kelas, etnik, dan jenis kelamin. Tidak terdapat perbedaan signifikan ibu sebagai tokoh pendukung-1 menurut interpretasi siswa berdasarkan perbedaan kelas, etnik, dan jenis kelamin. Tidak terdapat perbedaan signifikan perempuan muda sebagai tokoh pendukung-2 menurut interpretasi siswa berdasarkan perbedaan kelas, etnik, dan jenis kelamin. Tidak terdapat perbedaan signifikan pemuda sebagai tokoh pendukung-3 menurut interpretasi siswa berdasarkan perbedaan kelas, etnik, dan jenis kelamin.

References

Damayanti, Welsi. 2022. Kedudukan Tokoh dalam Novel Siti Nurbaya menurut Interpretasi Mahasiswa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 23-32.

Elmustian & Jalil, Abdul. 2004. Bahan Ajar Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik Universitas Riau.

Furqon. 2011. Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, Norman E.; Hyun, Hellen H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. San Fransisco, USA: McGraw-Hill Book Company.

Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Mahamod, Zamri. 2014. Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjung Malim, Perak: Malaysia: Universitas Pendidikan Sultan Idris.

Malik, Ranbir Singh & Hamied, Fuad Abdul. 2014. Research Methods: A Guide for Firt Time Researches. Bandung: UPI Press.

Nuraeni, Ineu. 2017. Analisis Amanat dan Penokohan Cerita Pendek pada Buku ‘Anak Berhati Surga’ Karya M.H Putra sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Sastra di SMA. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Indoensia dan Bahasa Daerah, STKIP Garut, Volume 6, Nomor 2, Juni 2017, 41-45.

Razak, Abdul. 2018. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Sophokles. 1976. Oidipus Sang Raja. Penerjemah: Rendra: Jakarta: Pustaka Jaya.

Suharjo, Bambang. 2013. Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henri Guntur. 1985. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-05-02

How to Cite

Wuriyani, E. P., & Pasaribu, M. (2022). Tokoh Sentral dan Tokoh Pendukung dalam Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Kartika 1-2 Medan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 355–364. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.55

Issue

Section

Articles