Pengaruh Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Tema Matematika Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.558Keywords:
keterampilan membaca, teks eksplanasi, tema matematika, teknik tugas menyalin, LKPDAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD; 2) penguasaan matematika dalam pembelajaran terpadu; 3) pengaruh keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika teradap penguasaan matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Konawe pada semester ganjil tahun pembejaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIB yang mengikuti pembelajaran dalam rangka penelitian untuk penulisan artikel ilmiah. Mereka berjumlah 21 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 20 siswa yang dipilih secara random dari anggota populasi. Penetapan ini berdasarkan formula: n = N / [1 + N(e)^2]. Instrumen pembelajaran penelitian ini adalah LKPD yang direproduksi khusus untuk kepentingan penelitian. Isi LKPD terikat dengan penggunaan teknik tugas menyalin dalam pembelajaran terpadu. Data keterampilan membaca teks eksplanasi dikumpulkan menggunakan instrumen tes yang berbentuk pilihan ganda 3 opsi. Data penguasaan matematika dikumpulkan menggunakan tes jawaban singkat secara tertulis. Data keterampilan membaca teks eksplanasi dan data penguasaan matematika dianalisis menggunakan pendekatan statistik inferensial yakni uji t satu sampel. Untuk mencapai tujuan-3 digunakan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD mencapai mean skor baku 71,33; 2) penguasaan matematika dalam pembelajaran terpadu mencapai mean skor baku 68,67; 3) keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika berpengaruh positif terhadap penguasaan matematika.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Alfalah, A., & Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547
Anggari, A. S., Afriki, Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti S. (2013). Selamatkan Lingkungan Hidup: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 1. Revisi 2018. Penelaah: Bambang Prihadi, Daru Wahyuni, Eddy Budiono, Encep Supriatna, Heny Setyawati, Margono, Meilani Hartono, Lise Chamisijatin, Suwarta Zebua, Vismaia S. Damaianti, dan Yetty Auliaty. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti S. (2013). Persatuan dan Perbedaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 2. Revisi 2018. Penelaah: Eddy Budiono, Anung Priambodo, Mamat Ruhimat, Nur Wahyu Rochmadi, Elina Syarif, Suwarta Zebua. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti S. (2013). Tokoh dan Penemuan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 3. Revisi 2018. Penelaah: Kiki Ariyanti Sugeng, Heny Setyawati, Penny Rahmawaty, Sri Sulistyorini, Woro Sri Hastuti, Vismaia S. Damaianti, Suharji, Prayoga Bestari, Suwarta Zebua. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti S. (2013). Globalisasi: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 4. Revisi 2018. Penelaah: Bunyamin Maftuh, Erlina Wiyanarti, Woro Sri Hastuti, Suharji, Iim Siti Masyitoh, Elina Syarif, Rinovia Simanjuntak, Suwarta Zebua, Bambang Prihadi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti S. (2013). Wirausaha: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 5. Revisi 2018. Penelaah: Advendi Kristyandaru, Dewi Susilowati, Kiki Ariyanti Sugeng, Filia Prima Artharina, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Fauz, M. R. R. (2023). Keunggulan Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD Manual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 797–806. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.552
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1
Karitas, D., Subekti, A., Kusumawati, H., & Susilowati, F. (2013). Menjelajah Angkasa Luar: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 9. Revisi 2018. Penelaah: Nur Wahyu Rochmadi, Esti Swastika Sari, Woro Sri Hastuti, Penny Rahmawaty, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Karo-Karo, I. R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.
Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 6. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Kusumawati, H., Karitas, D.P., Susilawati, F., & Subekti, A. (2013). Kepemimpinan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 7. Revisi 2018. Penelaah: Kokom Komalasari, Suharsono, Ana Ratna Wulan, Ratna Saraswati, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1. 8
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249
Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.
Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321
Ngubaidillah, Ahmad & Kartadie, Rikie. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 35, Nomor 2, Tahun 2018, 95-102.
Subekti, A., Karitas, D.P., Susilawati, F., & Kusumawati, H. (2013). Menuju Masyarakat Sejahtera: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 6. Revisi 2018. Penelaah: Kokom Komalasari, Suharsono, Ana Ratna Wulan, Ratna Saraswati, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Susilawati, F., Subekti, A., Karitas, D. P. & Kusumawati, H. (2013). Bumiku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI, Tema 8. Revisi 2018. Penelaah: Nur Wahyu Rochmadi, Esti Swastika Sari, Woro Sri Hastuti, Peny Rahmawaty, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 729–742. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.543
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasik Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read and Warite: Student Worksheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248
Satria, S. & Suntoko, S. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sustiyaningsih, Jumiah, Citra, Y., & Yanti, S. (2023). Pengaruh Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD terhadap Keterampilan Melafalkan Kata Dasar Suku Tertutup. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 639–650. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.483
Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, 131-144.
Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, No. 1, 2018, 47-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Auliah Ul Hassanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




