Pembelajaran Kemampuan Menemukan Gagasan Paragraf Tunggal Tema Kekayaan Energi melalui Pendekatan Individual Menggunakan BSE Tematik
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.559Keywords:
kemampuan menemukan gagasan, paragraf tungga, tema kekayaan energi, pendekatan individualAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar kemampuan menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi; 2) hasil belajar IPA; 3) hubungan antara hasil belajar kemampuan menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi dan hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Lawa, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 11 siswa yang mengikuti pembelajaran menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi melalui pendekatan individual menggunakan BSE tematik. Penelitian menggunakan sampel total. Untuk mengumpulkan data hasil belajar menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi digunakan tes pilihan ganda 3 opsi. Untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA digunakan juga tes pilihan ganda. Data hasil belajar menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi dan data hasil belajar IPA masingmasing dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan modus yang dilakukan secara manual. Data hubungan antara hasil belajar menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi dan hasil belajar IPA diuji menggunakan prosedur uji korelasi sederhana dari Spearman menggunakan aplikasi excel. Hasil penelitian: 1) hasil belajar kemampuan menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi mencapai KKM 70,00; 2) hasil belajar IPA mencapai KKM 68,00; 3) terhadap hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar kemampuan menemukan gagasan paragraf tunggal tema kekayaan energi dan hasil belajar IPA melalui pendekatan individual.
References
Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan. Teori dan Praktek dalam Pendidikan. Editor: Syarbaini Saleh. Medan: Widya Puspita.
Anggari, A. S., Afriki, A., Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2023). Indahnya Kebersamaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 1. Penelaah: Nur Wahyu Rochmadi, Lise Chamisijatin, Daru Wahyuni, Encep Supriatna, Rini Solihat, H. Andoyo Sastromiharjo, Meilani Hartono, Eddy Budiono, Mugiyo Hartono, dan Enok Maryani. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, A., Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2023). Selalu Berhemat Energi: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 2. Penelaah: Widia Pekerti, Rita Milyartini, Miftahul Khairiyah, Eddy Budiono, Meilani Hartono, Margono, Mugiyo Hartono, Penny Rahmawaty, Ana Ratna Wulan, Suparwoto, Suharji, dan Enok Maryani.. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, A., Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2023). Peduli Terhadap Makhluk Hidup: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 3. Penelaah: Esti Swatika Sari, Eddy Budiono, Meilani Hartono, Lise Chamisijatin, Margono, Mugiyo Hartono, Sri Sulistyorini, Ratna Saraswati, Dewi Susilowati, Erlina Wiyanarti, Suwarta Zebua, dan Enok Maryani. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, A., Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2023). Berbagai Pekerjaaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 4. Penelaah: Titi Tri Hartiti Retnowati, Bambang Prihadi, Achmad Husein, Isnarto, Suharsono, Yansen Marpaung, Setyo Purwanto, Filia Prima Artharina, Erlina Wiyanarti, Vincentia Irene Meitiniarti, Suparwoto, Ekram Pawiroputra, dan Enok Maryani. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, A., Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2023). Selalu Berhemat Energi: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 5. Penelaah: Vincentia Irene Meitiniarti, Erlina Wiyanarti, Setyo Purwanto, Mamat Ruhimat, Prayoga Bestari, Suharsono, Suwarta Zebua, Yansen Marpaung, Widia Pekerti, Rita Milyartini, dan Enok Maryani. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Anggari, A. S., Afriki, A., Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2023). Cita-citaku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 6. Penelaah: Widia Pekerti, Rita Milyartini, Miftahul Khairiyah, Eddy Budiono, Meilani Hartono, Margono, Mugiyo Hartono, Penny Rahmawaty, Ana Ratna Wulan, Suparwoto, Suharji, dan Enok Maryani.. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Asnan. (2022). Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.205
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Husairi, P., Hermita, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Bernuansa Musik Klasik terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD di Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4), 914-922. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7414.
Kamti, K. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 481–490. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.115
Kusumawati, H. (2023). Indahnya Keragaman Negeriku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 7. Penelaah: Miftahul Khairiyah, Rahmat, Ana Ratna Wulan, Penny Rahmawaty, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, dan Suharji.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Lestari, L. & Septiana, N. (2021). Pengaruh Pendekatan Individual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 143 Rejang Lebong. EBTIDA’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Volume 01, No. 02, Desember 2021, 96-105.
Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249
Maryanto, M. (2023). DKekayaan Negeriku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 9. Penelaah: Penelaah: Miftahul Khairiyah, Rahmat, Ana Ratna Wulan, Penny Rahmawaty, Widia Pekerti, Suharji, dan Bambang Prihadi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530
Mubarok, H. & Apriani, N. (2021). Pelaksanaan Pendekatan Individual Dalam Pembelajaran PAI di SD Negeri 117874 Kotapinang Tadiban: Journal of Islamic Education, Volume 2 No 1 Juli-Desember 2021, 37-42.
Muslina, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Induktif melalui Teknik Tes Opsi Unik Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 303–314. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.269
Subekti, A. (2023). Daerah Tempat Tinggalku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema 8. Penelaah: Delviati, Nur Wahyu Rochmadi, Sri Sulistyorini, Mamat Ruhimat, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, dan Suharji. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Wahidah, W. (2019). Memahami Perbedaan Individu Pebelajar dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Kebudayaan, IAIN Langsa, Volume 11 Nomor 2, 28-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wa Haria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




