Perbandingan antara Pengetahuan Teks Eksplanasi dan Teks Eksposisi Siswa MAN 2 Medan

Authors

  • Enny Rahayu Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sumatera Utara, Indonesia
  • Saripah Hannum Siregar MAN 2 Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.56

Keywords:

perbandingan pengetahuan, perbandingan teks eksplanasi, perbandingan teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara pengetahuan teks eksplanasi dan teks eksposisi siswa MAN 2 Medan. Penelitian dilakukan di kelas X dan XI MAN 2 Medan. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil 2021/2022. Populasi penelitian deskriptif-komparatif ini siswa kelas X dan XI MAN 2 Medan. Jumlah mereka 203 orang; mereka yang mensubmit jawaban tes via google form. Jumlah ini terbagi dari 51 siswa kelas X dan 152 siswa kelas XI. Sampel dipilih secara random sederhana dengan teknik tanpa pengembalian. Sampel berjumlah 135 terbagi kelas X sebanyak 34 siswa dan kelas XI sebanyak 101 siswa. Untuk mengumpulkan data pengetahuan teks eksplanasi digunakan tes pengetahuan teks eksplanasi untuk siswa MAN 2 Medan. Untuk memperoleh data pengetahuan teks eksposisi per kelas digunakan pula tes eksposisi berbentuk pilihan ganda. Setiap jenis data per kelas yang dikumpulkan melalui instrumen tes itu diolah secara statistik inferensial parametrik yakni uji t atu sampel. Data perbandingan antara dua variabel itu dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni uji Anova searah. Pertama, ditemukan bahwa pengetahuan teks prosedur siswa MAN 2 Medan berkategori tinggi dan tidak terdapat perbedaan kategori per kelas. Kedua, ditemukan bahwa pengetahuan teks eksposisi siswa MAN 2 Medan berkategori tinggi dan tidak terdapat perbedaan kategori per kelas. Ketiga, tidak terdapat pengetahuan teks eksplanasi per kelas per gender dan tidak terdapat perbedaan pengetahuan teks eksposisi per kelas per gender.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Editor: Asfah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asy-Syinawi, Abdul Aziz. 2013. Biografi Imam Syafi’i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abbas Sungkar. Editor: Firman Arifian. Solo: Aqwam Media Profetika.

Bahri, Alim. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word, Jurnal Konfiks, Volume 3, Nomor 2, 2016, 93-102.

Damayanti, Welsi. 2022. Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 141-150.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Lee, Ming F. dkk. 2019. Needham Model Based Instructional Mulimedia Material for Teaching Digital Logic Gate, Journal of Tecjnical Education and Tranining, Volume 11, Nomoor 1, 2019, 54-62.

Mahsun. 2014. Pembelajara Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.

Razak, Abdul. 2018. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual, Edisi VII. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. 2021. How to Teach Your Student to Write the Text: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, Abdul. 2017. Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Simanjuntak, Anju Valentya & Baharuddin. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi dengan Media Ilustrasi Digital, Jurnal Komunitas Bahasa, Vol. 6, No. 2, Oktober 2018, 88-97.

Zhang, Lawrence Jun. 2008. Constructivs Pedagogy in Strategy in Reading Instruction: Exploring Pathways to Leaner Deplopment in the Englsih as Second Language (ELS) Classroom. EFL Vocabulary Learing Thrugh Codeswitched Reading Tasks View Project, No. 36, Issu 2, 2008, 89-116.

Downloads

Published

2022-05-02

How to Cite

Rahayu, E., & Siregar, S. H. (2022). Perbandingan antara Pengetahuan Teks Eksplanasi dan Teks Eksposisi Siswa MAN 2 Medan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 375–388. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.56

Issue

Section

Articles