Pembelajaran Membaca dan Menulis Fakta dan Opini Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknologi Informasi Digital

Authors

  • Lexminander Budi Kurniawan A. Doda SMA Nnegeri 1 Singkep, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.560

Keywords:

membaca dan menulis, fakta dan opini, artikel ilmiah, jurnal online, teknologi informasi digital

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital; 2) berbeda-tidaknya hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital per kelompok sampel. Kegiatan penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian terbatas kepada 3 kelas paralel siswa kelas XII yang berjumlah 100 siswa yang mengikuti pembelajaran membaca dan menulis pesan cerita sejarah menggunakan teknologi informasi digital. Penelitian menggunakan 80 siswa sebagai anggota sampel yang ditetapkan sesuai dengan formula sampel atas populasi. Untuk mengumpulkan data hasil belajar menemukan fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital digunakan tes di google form opsi file upload. Tes berbasis google form berisi 6 item indikator fakta dan 6 item untuk opini atas 3 artikel ilmiah jurnal online; setiap indikator diwakili oleh 2 pertanyaan. Data hasil belajar menemukan fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel dan uji one-way Anova. Uji t satu sampel dipakai untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah-1 dan rumusan masalah-3 sedangkan uji one-way Anova dipakai untuk menjawab rumusan masalah-2 dan rumusan masalah-4. Hasil penelitian: 1) hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta artikel ilmiah jurnal online mencapai mean 79,67 pada skor minimal 72,43; 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital per kelompok sampel; 3) hasil belajar keterampilan membaca dan menulis opini artikel ilmiah jurnal online mencapai mean 79,67 pada skor minimal 70,33; 4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan membaca dan menulis opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital per kelompok sampel. 

References

Afidah, N. N., & Rodiah, S. (2022). Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi di Artikel Ilmiah Berbasis Jurnal Online Siswa SMK Negeri 2 Haurwangi . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 765-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.206

Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan. Teori dan Praktek dalam Pendidikan. Editor: Syarbaini Saleh. Medan: Widya Puspita.

Dahhan, N. Z. Al et all. (2016). Understanding Reading and Reading Difficulties Through Naming Speed Tasks: Bridging the Gaps Among Neuroscience, Cognition, and Education. AERA Open October-December 2016, Vol. 2, No. 4, 1 –15.

Dalman, D. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali.

Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher order thinking skills-based reading literacy assessment instrument: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 513-525. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i2.28600

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Fuadin, A., & Damayanti, W. (2023). Keterampilan Menulis Rumusan Masalah Artikel Ilmiah Bermedia Jurnal Online bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 13-24. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.226

Hatteberg, Sarah J. & Steffy, Kody. (2013). Increasing Reading Compliance of Undergraduates: An Evaluation of Compliance Methods. Teaching Sociology 41(4), 346 –352.

Hilmi, H. S. & Harti, S. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah dan Pemanfaatanya dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Teks Anekdot: Riset Kepustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30

Kelley, M. & Donnely, R.A. (2009). Homongous Book of Statistic Problem. New York: Alpha Book.

Kim, J. S. dkk. 2(011). Can a Mixed-Method Literacy Intervention Improve the Reading Achievement of Low-Performing Elementary School Students in an After-School Program? Educational Evaluation and Policy Analysis June 2011, Vol. 33, No. 2, 183–201.

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhyi, M., Hartono, H., Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, S., Rifai, I., Zaman, A. Q., & Fitriaten, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Editor: Liknin Nugraheni. Surabaya: Adi Buana University Press.

Muttaqien, M. Z. dkk. (2019). Systemic cohesion in social media conversations: Cases on Facebook and Twitter. Indonesian Joernal of Aplied Linguistics, Vol. 9 No. 2, September 2019, 413-423.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan RAja Zulkarnain.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sari, T. H. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Opini Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 281–292. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.44

Sari, T. H. (2023). Nilai Humor Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Penilaian Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 675–682. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.533

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsuddin, AR. & Damaianti, V. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, No. 1, 2018, 47-65.

Wahyuni, L. dkk. (2015). Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Jender sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 14, Nomor 2, Oktober 2015, 317-329.

Widawati, R., & Razak, A. (2022). Hasil Tes Keterampilan Membaca: Komparasi Penggunaan Media Tes Artikel Ilmiah antara Jurnal Online dan Cetak. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 785–796. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.209

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Doda, L. B. K. A. (2024). Pembelajaran Membaca dan Menulis Fakta dan Opini Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknologi Informasi Digital . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.560