Uji Coba Skala Luas Bahan Ajar Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Profetik Berbasis Teknologi Informasi Digital

Authors

  • Abu Nida Sudirman Devisi Pendidikan dan Dakwah, Yayasan Islam Al Kahfi Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Abdul Razak Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta, Riau, Indonesia
  • Heri Suprapto Deputy Fajar Ilahi, Divisi Pendidikan dan Dakwah Yayasan Islam Al Kahfi Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.561

Keywords:

uji coba skala luas, bahan ajar, keterampilan membaca teks eksposisi, topik profetik, teknologi informasi digital

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) prosedur uji coba skala luas bahan ajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis teknologi informasi digital jenjang SLTA; 2) penilaian guru terhadap proses pelaksanaan uji coba skala luas bahan ajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis teknologi informasi digital jenjang SLTA; 3) penilaian guru terhadap bahan ajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis teknologi informasi digital jenjang SLTA. Penelitian dilakukan di SMAIT di lingkungan Yayasan Islam al Kahfi Batam; dilaksanakan di semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas X yang mengikuti serentetan kegiatan pembelajaran dalam rangka uji coba bahan ajar keterampilan membaca berbasis teknologi informasi digital. Mereka berjumlah 67 siswa. Instrumen utama penelitian ini adalah bahan ajar keterampilan membaca berbasis teknologi informasi digital jenjang SLTA itu sendiri, tes keterampilan membaca, pedoman observasi, kuesioner sistem tertutup untuk guru, dan alat rekam audio-video. Data prates dan data postes hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean, persen, simpangan baku, median, dan modus. Data proses pembelajaran yang bersumber dari audio-video dianalisis secara kualitatif menggunakan pertimbangan objektif. Data kusioner dianalisis menggunakan pendekatan tabulasi sistem kategori jawaban tertutup. Hasil penelitian: 1) prosedur uji coba skala luas yakni: prates, pelaksanaan pembelajaran secara online di kelas formal, dan postes di reguler dan repetisi; 2) penilaian guru terhadap proses pelaksanaan uji coba skala luas bahan ajar berkategori sangat sistematis; 3) penilaian guru terhadap bahan ajar keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis teknologi informasi digital jenjang SLTA berkategori sangat baik.

References

Afidah, N. N., & Rodiah, S. (2022). Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi di Artikel Ilmiah Berbasis Jurnal Online Siswa SMK Negeri 2 Haurwangi . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 765-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.206

Ahmadi, M. Z. kk. (2013). The Importance of Metacognitive Reading Strategy Awareness in Reading Comprehension. English Language Teaching; Vol. 6, No. 10; 2013, 235-244

Amril, A. (2022). Pengembangan Paragraf Profetik bagi Guru Kelas Tinggi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Pelatihan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 511–522. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.117

Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan. Teori dan Praktek dalam Pendidikan. Editor: Syarbaini Saleh. Medan: Widya Puspita.

Andriyani, S. S. (2022). Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 215–226. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.31

Aziz, F., Mulyati, Y. ., Damaianti, V. S., & Triani, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme Bermedia Google Form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.231

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bastian. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah kepada Guru untuk Menyusun LKPD Berbasis Mediasi Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 243–252. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.32

Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459

Dafittra, F., Putri, A. H., Miswanto, & Nurlela. (2023). Pengaruh Teknik Scaffolding Berbasis Media Inovatif dalam Pembelajaran Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 667–674. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.528

Dahhan, N. Z. Al et all. (2016). Understanding Reading and Reading Difficulties Through Naming Speed Tasks: Bridging the Gaps Among Neuroscience, Cognition, and Education. AERA Open October-December 2016, Vol. 2, No. 4, 1 –15.

Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher order thinking skills-based reading literacy assessment instrument: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 513-525. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i2.28600

Doda, L. B. K. A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 471–488. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.319

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Hatteberg, S. J. & Steffy, K. (2013). Increasing Reading Compliance of Undergraduates: An Evaluation of Compliance Methods. Teaching Sociology 41(4), 346 –352

Katsir, Ibnu. (2007). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 4. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008a). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 8. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, Ibnu. (2008b). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 6. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’

Katsir, I. (2012). Kisah Para Nabi dan Rasul Penerjemah: Abu Hudzaifah. Editor: Abdul Basith Abd. Aziz. Jakarta: Pustaka as- Sunah.

Kim, J. S. dkk. (2011). Can a Mixed-Method Literacy Intervention Improve the Reading Achievement of Low-Performing Elementary School Students in an After-School Program? Educational Evaluation and Policy Analysis June 2011, Vol. 33, No. 2, 183–201.

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mufidah, N, dkk. (2019). Hybrid Learning dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab pada anak berbantuan media, Journal Al-Mudarris 2, 1(40). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i1.227

Muhyi, M., Hartono, H., Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, S., Rifai, I., Zaman, A. Q., & Fitriaten, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Editor: Liknin Nugraheni. Surabaya: Adi Buana University Press.

Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Muslich, M. (2010). Text Book Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Priatno, B., Padaameen, S., & Siregar, S. H. (2022). Penyediaan Teks Eksposisi Berbasis Profetik sebagai Bahan Ajar Pengayaan bagi Guru SMA/SMK/MA. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 553–560. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.122

Rahmawati, D., & Pranowo, D. (2022). Hybrid learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis. LITERA, 21(2), 217-226. https://doi.org/10.21831/ltr.v21i2.46705.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan RAja Zulkarnain.

Razak, A. (2021). How to Teach Your Student to Read and to Warite: Student Worksheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Syihabuddin. (2014). Struktur Ilmu Pendidikan Islam. Model-Model Pembelajaran Berbasis Nilai Islam. Bandung: Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahidin, A. (2014). Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma Was Sifat. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 03, Juli 2014, hlm. 572-590.

Wahyuni, L., Sumantri, E. & Rokhyanto, R. (2015). Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Jender sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 14, Nomor 2, Oktober 2015, 317-329.

Widawati, R., & Razak, A. (2022). Hasil Tes Keterampilan Membaca: Komparasi Penggunaan Media Tes Artikel Ilmiah antara Jurnal Online dan Cetak. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 785–796. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.209

Wulandari, R. R., & Hayatun, S. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Google Form untuk MKU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.233

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Sudirman, A. N., Razak, A., & Suprapto, H. (2024). Uji Coba Skala Luas Bahan Ajar Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Profetik Berbasis Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.561