Rendahnya Target Hafalan Quran dalam BSE PAI dan Budi Pekerti: Isu Kotemporer Pendidikan Islam

Authors

  • Mokhamad Mansyur Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung, Indonesia
  • Dalman Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Lampung, Lampung, Indonesia
  • Ahmad Hawasi Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung, Indonesia
  • Armen Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung, Indonesia
  • Pikal Candra Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.563

Keywords:

rendahnya target, hafalan Quran, PAI dan Budi Pekerti, isu kontemporer, pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) isu kontemporer pendidikan Islam tentang seberapa rendah target hafalan Quran jenjang SD; 2) isu kontemporer pendidikan Islam tentang seberapa rendah target hafalan Quran jenjang SMP. Penelitian ini menerapkan metode penelitian perpustakaan. Melalui metode ini setiap isu kotemporer dalam artikel ini dikaji dari perspektif data sekunder; data hasil kajian dari berbagai peneliti lain yang diperoleh dari publikasi elektronik berupa artikel ilmiah jurnal online, dan buku sekolah elektronik, referensi elektronik dari para ekspet. Jawaban atas rumusan masalah tentang isu kontemporer pendidikan Islam juga didasari kepada media teknologi informasi digital lain yakni channel youtube video yang diunggah oleh para ustadz/ustadzah masyhur berbahasa Indonesia dan atau berbahasa Melayu. Data rendahnya target hafalan Quran mulai dari jenjang SD sampai dengan jenjang SMP dikumpulkan dan dianalisis secara bersamaan tanpa menunggu semua data terkumpul. Kegiatan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yakni BSE Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mulai dari jenjang SD kelas tinggi sampai dengan jenjang SMP, berbagai artikel ilmiah jurnal online, dan setiap data sekunder lainnya yang bersumber dari media elektronik yang berhasil diraih. Teknik diskusi terfokus atau focus group discussion dalam penelitian kolaborasi ini merupakan teknik andalan penelitian kualitatif ini. Hasil penelitian: 1) target hafalan Quran jenjang SD yang dibuat oleh perencana pendidikan Islam sangat rendah yakni hanya 0,65 halaman sampai dengan 0,89 halaman per tahun; 2) target hafalan Quran jenjang SMP yang dibuat oleh perencana pendidikan Islam juga sangat rendah yakni hanya 0,57 halaman sampai dengan 0,87 halaman per tahun.

Kata Kunci: rendahnya target, hafalan Quran, PAI dan Budi Pekerti, isu kontemporer, pendidikan Islam

References

Alfiana K., N., Hanifah, F., Munawwarah, T., Aulia Sani, D., Savitri, I., & Akmalia, R. (2023). Analisis Implementasi Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MIS Nurul Fadhilah. Journal on Education, 6(1), 6587-6591. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3890

Ahsan, M. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas IX. Cetakan I. Penelaah: Iis Suryatini. Penyelia: Dede Permana, Sa iudin Shidiq, Bahrul Hayat, Atikah Solihah. Penerbit: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Ahsan, M. & Sumiyati, S. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas IX. Cetakan I. Penelaah: Imam Makruf, Yusuf A. Hasan, dan Muh. Saerozi. Perviu: Reksiana. Penelia: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Aziz, J. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi.GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume. 2 No. 1. Maret 2017, 1-15.

Baedowi, S. & Anwar, H. M. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas V. Penelaah: Halfian Lubis, Ahmad Zaenuri, Ramdani Wahyu Sururie. Penyelia/Penyelaras: Supriyanto, Rohmat Mulyana Sapdi, E. Oos M. Anwas, Chundasah, Maharani Prananingrum. Penyunting: Chundasah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kuali-tatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1989). Educational Research. An Introduction. Fith Edition. New York: Longman.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalimunthe, R. A. (2020). Minat Siswa Mengikuti Pesantren Kilat di SMK Negeri 1 Pantai Labu Tahun 2019. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 158-169. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.14

Djamion, D. A. (2021). Pengaruh Kegiatan Tahfidzul Quran terhadap Prestasi Belajar IPA pada Siswa MTs Muhammadiyah Jayapura. Jurnal Pendidikan, Vol.9, No.1, Januari 2021, 116-126.

Erdawati, S., Sain, M., & Siagian, S. Y. (2020). Pesantren Kilat Ramadhan di Surau Ar-Rahman Sungai Beringin Kabupaten Indragiri Hilir. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 85–101. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.267

Faozan, A & Jamaluddin, J. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas IV. Cetakan I. Penelaah: Husnu Qodim dan Feisal Gozali. Penyelia/Penyelaras: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Penyunting: Caswita. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Hazin, M. & Rahmawati, N. W. D. (2021). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal manajemen Pendidikan Islam, DOI : http://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745, 293-310.

Katsir, I. (2007a). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 2. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2009a). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 1. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008h). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, I. (2008h). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 8. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Lisa, H., Mardiah, M., & Napratilora, M. (2020). Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.268

Nazirwan, N. & Abdullah, K. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas VI. Penelaah: Halian Lubis, Zahrotun Nihayah, Sulastri, Anton Zaelani. Penyelaras: Arifuddin Siraj. Penyunting: Chundasah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Nirwana, R. & Khoiri, Q. (2013). Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Pada Satuan Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi. Journal on Education Volume 05, No. 02, Januari-Februari 2023, 5266-5278

Pudjiani, T., Mustakim, B., & Maksum, M. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII Cetakan I. Penelaah: Aam Abdussalam, Fadillah Suralaga, Atikah Solihah, Jonni Syatri, Amrullah Hasbana. Penerbit: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Putri, M. S. & Khoiri, Q. (2023). Isu-Isu Kebijakan Pendidikan Islam. Journal on Education Volume 05, No. 02, Januari-Februari 2023, 4582-4588

Razak, A. (2020). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Indarwati, I., Suyitno, M., Sari, F., Mesra, R., Nugroho, R. S., Soehardi, D. V. L., Rahayu, I., Arribathi, A. H.. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Editor: Siti Nurmela. Serang: Sada Kurnia Pustaka.

Suryadi, R. A. & Sumiyati, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII Cetakan I. Penelaah: Syahruddin Usman, Aam Abdussalam, Fadhilah Suralaga, Atikah Solihah, Refita, Ulpah Andayani. Penerbit: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Suryadi, R. A & Sumiyati, S. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII. Cetakan I. Penelaah: Aam Abdussalam dan Muhammad Ahsan. Penyelia/Penyelaras: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Penyunting: Asep Andi Rahma. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pudjiani, T. & Mustakim, B. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII. Cetakan I. Penelaah: Asep Nursobah dan Muhammad Ahsan. Penyelia/Penyelaras: Supriyatno Rohmat, Mulyana Sapdi, E. Oos M. Anwas, Chundasah, Maharani Prananingrum. Penyunting: Koko Khoerudin. Jakarta: Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sitorus, S. H. & Yasir, A. (2022). Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang: Perspektif Manajemen Dakwah. Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, Vol. 4 No. 1. April 2022, 43-54.

Syarifudin, E., Gunawan, A., Prastyono, A. H. S., & Lestari, P. (2023). Isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kurikulum (Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah). API: Jurnal Administrasi Pendidikan Islam. Volume 05, Number 01, March, 2023, 35-42.

Zaini, H., N, N. A., & Putri, H. P. (2020). The Students’ Religion Attitude: Study of Pesantren Ramadhan for Senior High School in Padang City. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 120–132. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.74

https://alazhar-yogyakarta.com/kelas-4-dan-5-sd-hafal-al-quran-6-juz

https://www.youtube.com/results?search_ query=pelaksanaan+pembelajaran+ tahfizul+quran

https://www.youtube.com/watch?v= 3tMOPdlI2q8&t=18s

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Mansyur, M., Dalman, Hawasi, A., Armen, & Candra, P. (2024). Rendahnya Target Hafalan Quran dalam BSE PAI dan Budi Pekerti: Isu Kotemporer Pendidikan Islam. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(1), 63–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.563