Pembelajaran Menjelaskan Konflik Tokoh Cerita Teks Naratif Menggunakan Multiple Choice Test Technique Berbahan Ajar Khusus
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.566Keywords:
hasil pembelajaran, menjelaskan konflik tokoh, cerita naratif, multiple choice test techniqueAbstract
Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique; 2) mendeskripsikan sama-tidaknya hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 199 Sayuran di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 58 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan matching test technique. Mereka berjumlah 58 siswa yang terbagi dari 28 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVC. Mengacu kepada formula penelitian kuantitatif, sampel penelitian ditetapkan sebanyak 51 siswa; terbagi dari 24 siswa kelas IVA dan 27 siswa kelas IVC yang ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi. Untuk melaksanakan pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita digunakan teknik tes yakni teknik penjodohan bermedia LKPD sederhana. Untuk mengumpulkan data hasil pembelajaran menjelaskan konflikkonflik tokoh cerita teks naratif menggunakan matching test technique dipakai instrumen tes jenis tertulis berbentuk pilihan ganda 4 opsi. Data hasil pembelajaran dianalisis menggunakan statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel guna mencapai tujuan penelitian-1. Untuk mencapai tujuan penelitian-2 digunakan prosedur analisis uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice technique berkategori tinggi; 2) tidak terdapat perbedaan hasil hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique per kelompok sampel.
References
Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145
Chrismonica, C. (2023). Legenda Sangkuriang, Kisah di Balik Adanya Tangkuban Perahu (https://www.orami.co.id/magazine/legenda-sangkuriang?page=all
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Hilmi, H. S. & Harti, S. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah dan Pemanfaatanya dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Teks Anekdot: Riset Kepustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30
Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.
Muhyi, M., Hartono, H., Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, S., Rifai, I., Zaman, A. Q., & Fitriaten, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Editor: Liknin Nugraheni. Surabaya: Adi Buana University Press.
Munandar, L. & Indi, D. (2021). Makna di Balik Legenda “Gunung Tangkuban Parahu”: Suatu Kajian Semiotik. NUSA, Vol. 16 No. 1 Februari 2021, 1-10.
Rasdana, O., Padaameen, S., Elfitra, L., & Hassan, N. R. N. (2022). Kedidaktisan Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ menurut Interpretasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 677–684. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.193
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2017). Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Sabarani, S. & Razak, A. Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’ Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang. Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-40.
Syahriani, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Identifikasi Tokoh Cerita Rakyat melalui Pendekatan Individual dan Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 449–460. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.317
Sari, T. H. (2023). Nilai Humor Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Penilaian Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 675–682. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.533
Sabariah, S. & Norisah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syahriani, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Identifikasi Tokoh Cerita Rakyat melalui Pendekatan Individual dan Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 449–460. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.317
Syamsuddin, AR. & Damaianti, V. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, 131-144.
Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, No. 1, 2018, 47-65.
Wahyuni, L. dkk. (2015). Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Jender sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 14, Nomor 2, Oktober 2015, 317-329.
Widawati, R., & Razak, A. (2022). Hasil Tes Keterampilan Membaca: Komparasi Penggunaan Media Tes Artikel Ilmiah antara Jurnal Online dan Cetak. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 785-796. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.209
Wuriyani, E. P., & Pasaribu, M. (2022). Tokoh Sentral dan Tokoh Pendukung dalam Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Kartika 1-2 Medan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 355–364. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.55
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isni Nur Rofifah, Alma Rizkya Krismonika Nurfajri Octavianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




