Keterampilan Menemukan Ide Pokok Teks Laporan dalam Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Teknik Scaffolding

Authors

  • Anung Kusmiati SD Negeri 199 Sayuran, Jawa Barat, Indonesia
  • Euis Siti Mariah SD Negeri 199 Sayuran, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.567

Keywords:

ide pokok, teks laporan, pendekatan konstruktivisme, teknik scaffolding

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding; 2) sama-tidaknya keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 199 Sayuran pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 56 siswa kelas VIA yang mengikuti keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding. Mereka terbagi sama banyak antara siswa kelas VIA dan kelas VIB, yakni 28 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa; terbagi dari 25 siswa kelas VIA dan 25 siswa kelasVIB. Penentuan ukuran sampel menggunakan formula yang dikembangkan Slavin. Data keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dikumpulkan menggunakan instrumen tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang disusun secara objektif dan sistematis. Analisis data dilakukan secara statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Syarat homogenitas variansi dan teknik sampling terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding berkategori tinggi; 2) tidak terdapat perbedaan kategori keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding bagi siswa kelas VI SD Negeri 199 Sayuran. 

References

Amelia, N. (2023). Keterampilan Menemukan Kalimat Pokok dan Pendukung Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam LKPD Kreatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 807–814. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.553

Dagar, V. & Yadav, A. (2018). Constructivism: A Paradigm for Teaching and Learning. Arts and Social Sciences Journal, Volume 7, Issu 4, July, 2016, 1-4.

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391-400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Horowitz-Kraus, Tzipi & Finucane, Sarah. (2016). Separating the Different Domains of Reading Intervention Programs: A Review. SAGE Open, April-June 2016, 1-26.

Jamiah, J. (2022). Pelatihan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman: Supervisi Klinik Kepala Sekolah kepada Guru Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 469–480. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.74

Kamti, K. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 481–490. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.115

Katan, Lina & Baarts, Charlotte Andreas. (2018). Inquiry-Based Reading Towards a Conception of Reading as a Research Method. Arts and Humanities in Higher Education, 0(0), 2018, 1–18.

Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Muhyi, M., Hartono, H., Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, S., Rifai, I., Zaman, A. Q., & Fitriaten, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Editor: Liknin Nugraheni. Surabaya: Adi Buana University Press.

Niswanti, S., Novmarengga, Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 683–692. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022a). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022b). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, Volume 4, No.1, Tahun 2016, 1-12.

Wahyuningsih, U. & Andriani, F. (2022). Keterampilan Menemukan Kalimat dan Gagasan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 431–440. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.59

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.1, No.1, Januari 2018, hlm. 59-72.

Yamin, M., & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Zakaria, S. N. (2015). Kesan Pendekatan Konstruktivisme dan Pendekatan Tradisional dalam Pengajaran dan Pembelajaran Komponen Sastera Bahasa Melayu (The Effectiveness of Constructivist Approach and Traditional Approach in Teaching and Learning on Malay Language Literature Component). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu – JPBM (Malay Language Education Journal – MyLEJ), Vol.5, Bil. 2 (Nov. 2015), 12-21.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Kusmiati, A., & Mariah, E. S. (2024). Keterampilan Menemukan Ide Pokok Teks Laporan dalam Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Teknik Scaffolding . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(1), 117–128. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.567