Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial

Authors

  • Reni Royani SD Negeri Bangka 3, Jawa Barat, Indonesia
  • Wawan Sumantri SD Negeri Bangka 3, Jawa Baeat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615

Keywords:

huruf kapital, paragraf morse, teknik tes, bahan ajar spesial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) kegiatan pembelajaran keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial; 2) hasil belajar keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bangka 3, Bogor pada awal semester genap 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 21 siswa kelas 6 SD Negeri Bangka 3, Bogor yang mengikuti pembelajaran keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial. Sampel berjumlah 20 siswa yang ditarik secara random sederhana. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes keterampilan aplikasi huruf kapital dalam paragraf morse. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data proses pembelajaran keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan aplikasi huruf kapital dalam paragraf menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial. Data proses pembelajaran keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial dianalisis secara tematik yang terfokus kepada kesesuaian kegiatan belajar-mengajar antara perencanaan dengan pelaksanaan di kelas. Data hasil belajar keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) terdapat kesesuaian jenis kegiatan belajar-mengajar antara perencanaan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial di kelas; 2) hasil belajar keterampilan menentukan huruf kapital dalam paragraf morse menggunakan teknik tes melalui bahan ajar spesial berkatgori tinggi.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Amri, A. R., Charlina, & Sinaga, M. (2020). Kesalahan Pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia dalam Soal Try Out Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Tuah: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 1–9.

Elmustian, Rasdana, O., & Alfalah, A. (2024). Tema Utama Cerpen Profetik menurut Respon Mahasiswa Baru . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.576

Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D.(2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.577

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Nalurita, A & Rusmana, N. (2017). Kesalahan Penggunaan Penulisan Huruf Kapital pada Paragraf Deskripsi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 4 No.1 (2017) 1-9. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index .

Nurfidah. (2019). Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No 1 ISSN 2598-9944.

Purnamasari, A.M, Magdalena, I., & Roosnaningsih, A. (2019). Analisis Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 SDN Binong II Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education Vol. 1 No. 1 Desember 2019. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE.

Purnamasari, I., Winarni, R., & Poerwanti, J. I. S. (2024). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam menulis karangan sederhana peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Vol 12, No 2

Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read and to Write: Student Work Sheet in JUnior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rostiana, H. N., & Fitri, Y. (2024). Rencana dan Hasil Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.582

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Septania, D. P., Wahyudi, & Rokhmaniyah. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Karangan Siswa Kelas V SDN Sidareja 01 Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 11 Nomor 01 Tahun 2023, 153-159.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Wahyusari, A., Elfitri, L. ., & Juriati. (2024). Antonim Bahasa Melayu Kepulauan Riau dan Perencanaan Pembelajaran Terpadu Fokus Bahasa Indonesia melalui Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 141–152. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.574

Widiyani, R. (2024). Perbandingan antara Media Buku Sekolah Elektronik dan Media Khusus dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Naratif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 361–370. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.592

Widyawati, K & Indihadi, D. (2020). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Siswa Kelas II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Royani, R., & Sumantri, W. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615

Issue

Section

Articles