Pembelajaran Terpadu Menulis Daftar Perkalian Menggunakan Metode Model melalui Bahan Ajar Terbatas
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.617Keywords:
pembelajaran terpadu, menulis, daftar perkalian, metode model, bahan ajar terbatasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kegiatan pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas; 2) hasil belajar menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Parungpanjang, Kabupaten Lebak, Banten pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 3 Parungpanjang yang mengikuti pembelajaran menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas. Mereka berjumlah 23 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa yang dipilih secara random dari anggota populasi. Inilah beberapa perangkat pembelajaran. Pertama, bahan ajar terbatas yang berisi model daftar perkalian. Kedua, rencana pembelajaran yang mencakup tiga kegiatan yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Ketiga, instumen tes untuk kerja. Data proses pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas dikumpulkan menggunakan pedoman observasi. Observasi dilakukan atas hasil rekaman elektronik terhadap kegiatan belajar-mengajar. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja. Tes disusun mengikuti prinsip objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat tes yang valid. Data proses pembelajaran terpadu menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas dianalisis secara kualitatif sedangkan data hasil belajar menulis daftar perkalian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Setiap data dan analisis data dilakukan validasi internal. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran terpadu terlaksana sesuai perencanaan; 2) hasil belajar menulis daftar perkalian menggunakan metode model melalui bahan ajar terbatas dapat mencapai skor baku 71,07.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Amril, A. (2022). Pengembangan Paragraf Profetik bagi Guru Kelas Tinggi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Pelatihan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 511–522. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.117
Asraf, H. M. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas untuk Menyusun Paragraf Faktual sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 167–180. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.244
Bungawati. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Daftar Perkalian melalui Pendekatan Keterampilan Proses Berbasis Teknik Tes Individual . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 191–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.247
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo.
Damayanti, W. (2022). Keefektifan Metode Model Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Pengetahuan Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 293–300. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.45
Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya dan UPI.
Khasanah, A. & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, Jilid 4, Nomor 2, Juli 2016, 161-175.
Malik, Ranbir S. & Hamied, Fuad A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Masnah. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi untuk Mereproduksi Paragraf Topik IPA . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 325–334. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.271
Nurbaya, S. dkk. (2018). Pengaruh Skemata terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman Berbasis Taksonomi Ruddell. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Volume 7, No. 1, 2018, 59-69.
Nurhayati. (2008). Berbagai Strategi Pembelajaran Bahasa dapat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume 9, Nomor 2, Juni 2008, 110-116.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434
Sarwono, J. & Salim, H. N. (2017). Prosedur-Prosedur Populer Statistik untuk Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta: Gava Media.
Widyawati & Fuadin, A. (2023). Penggunaan Metode Model Teknik Substitusi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 233–244. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.143
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rukman, Rizky Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




