Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan

Authors

  • Baiq Nuriati Hasanah SD Negeri 8 Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Didik Suhendar SD Negeri 8 Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639

Keywords:

keterampilan menulis, paragraf induktif, berbasis paragaf deduktif, bahan ajar pengayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan bahan ajar pengayaan; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan bahan ajar pengayaan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Mataram yang berlangsung selamat bulan Agustus 2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan bahan ajar pengayaan. Mereka berjumlah 15 siswa dari 18 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total yakni semua anggota populasi diikutsertakan menjadi anggota sampel. Instrumen utama penelitian ini adalah bahan ajar pengayaan yang berisi pengetahuan paragraf deduktif dan induktif, contoh cara mengganti paragraf deduktif menjadi paragraf induktif, dan halaman latihan mengganti paragraf deduktif menjadi paragraf induktif. Instrumen kedua adalah tes keterampilan mengganti menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif. Instrumen ketiga adalah daftar cek-riicek yang berguna untuk memvalidasi data hasil analisis. Data prosedur pembelajaran dianalisis menggunakan pendekatan tematik dengan cara melihat kesesuaian antara prosedur perencanaan pembelajaran dengan prosedur pelaksanaan di kelas. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan bahan ajar pengayaan berisi 3 kegiatan awal, 12 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan bahan ajar pengayaan mencapai mean 81,40 persen. 

References

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Amril, A. (2022). Pengembangan Paragraf Profetik bagi Guru Kelas Tinggi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Pelatihan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 4, Juli 2022, 511-522. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.117.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391-400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.

Khairul, K.(2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Kusmiati, A., & Mariah, E. S. (2024). Keterampilan Menemukan Ide Pokok Teks Laporan dalam Pembelajaran Mengguna-kan Pendekatan Konstruktivisme melalui Teknik Scaffolding. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 117–128. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.567

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2023). Menggapai Mixed Methods dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Royani, R., & Sumantri, W. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615

Samiwahyuni. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif Topik Matematika melalui Metode Model Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 281–292. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.270

Sadiah, T., & Herdiansyah, J. (2023). The Effectiveness of Numerical Substitution Techniques through Special Teaching Materials to Improve Mathematical Paragraph Writing Skills . DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 145–158. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.17

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukarni, S. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi Paragraf Terpadu Fokus Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 421–432. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.312

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639