Keterampilan Membaca Paragraf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes

Authors

  • Dede Permana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Otang Kurniawan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643

Keywords:

keterampilan membaca, paragraraf prosedur, google form, teknik tugas menaylin, teknik tes

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes; 2) hasil belajar keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes; 3) sama-tidaknya hasil belajar keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Riau. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Populasi penelitian adalah mahasiswa kelas A semester 5 yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form melalui teknik tugas menyalin dan teknik tes. Mereka berjumlah 36 mahasiswa. Sampel ditetapkan 33 mahasiswa. Untuk mengumpulkan data pembelajaran keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form melalui teknik tugas menyalin dan teknik tes digunakan pedoman observasi. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda menggunakan media google form. Data spembelajaran keterampilan membaca paragraf prosedur dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial paramterik. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes melibatkan 5 kegiatan awal, 37 kegiatan inti dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes berkategori tinggi; 3) hasil belajar keterampilan membaca paragraf prosedur berbasis google form menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes tidak berbeda per kelompok sampel. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Syafi’i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: YasirAmri.Solo:Aqwam

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610

Frankael, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, Edisi VIII. Boston, USA: McGraw-Hill Higher Education

Hadi, S., Lestari, S. S., Auzar, I. A., Gurmarni, G. & Sudarmono, S. (2024). Reproduksi Paragraf Prosedur Tema Matematika Fase C sebagai Materi Pembelajaran Keterampilan Membaca. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 251–260. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.575

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2021). How to Teach Your Student to Read and Warite: Student Worksheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja danSupervisi Kepala Sekolah terhadapManajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan GuruSekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI:h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8649

Royani, R., & Sumantri, W. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615

Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248

Sabarani, S. & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-38. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i1.5

Sabariah, S. & Norisah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Suwena, I. N., & Putra, P. H. P. . (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Lanjut Menggunakan Teknik Tes Jawaban Singkat Terpadu dalam Bahan Ajar Manual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 677–684. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.637

Zita. (2023). Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Perbandingan antara Topik Profetik dan Topik Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 489–498. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.320

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Permana, D., & Kurniawan, O. (2024). Keterampilan Membaca Paragraf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 745–760. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643