Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda

Authors

  • Muhidin Amaya SD Negeri 2 Guripang, Maluku Utara, Indonesia
  • Anwar Robo SD Negeri 2 Guraping, Maluku Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647

Keywords:

pembelajaran

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran menulis paragraf faktual menggunakan pendekaan keterampilan proses dan teknik tes pilihan ganda; 2) hasil belajar menulis paragraf faktual menggunakan pendekaan keterampilan proses dan teknik tes pilihan ganda. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Negeri 2 Guraping pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 6 yang mengiktui pembelajaran menulis paragraf faktual menggunakan pendekatan keterampilan proses dan teknik tes pilihan ganda yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total karena jumlah populasi tergolong kecil. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan instrumen nontes yakni pedoman observasi. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan instrumen tes menulis paragraf deduktif melalui satu kalimat pokok yang sudah disiapkan dalam soal. Anggota sampel diinstruksikan untuk menambah dua kalimat pendukung. Data prosedur pembelajaran dianalisis menggunakan pendekatan tematik dengan melihat kesesuaian antara prosedur pembelajaran di kelas dengan rencana pembelajaran. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statatik deskriptif melalui mean skor mentah dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran menulis paragraf faktual menggunakan pendekaan keterampilan proses dan teknik tes pilihan ganda mencakup 4 kegiatan aeal, 20 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar menulis paragraf faktual menggunakan pendekaan keterampilan proses dan teknik tes pilihan ganda mencapai target mean sebesar 67,50.

 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Editor: Deffi Lestari. Sukabumi: Jejak.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Mansyur, M., Dahlan, M. A., & Okhtiyanto, R. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Menyusun Tes Pilihan Ganda sebagai Teknik Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 625–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.482

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147

Kusumastuti, A. & Khoirun, A. M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Soekarno Pressindo.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Purwanto, N. M. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2024). Penyebab Utama Rendahnya Hasil Tes Formatif Keterampilan Menulis Paragraf Faktual: Metode Campuran Strategi Eksplanatori Sequensial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 669–676. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.636

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 793–800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647