Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Makna Frase Bahasa Inggris Menggunakan Metode Tanya-Jawab melalui Medi
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.649Keywords:
persepsi siswa, pembelajaran makna frase, bahasa Inggris, metode tanya-jawab, media gandaAbstract
Buku pegangan siswa untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X SMA tidak memuat materi kumpulan frase yang dimaknai ke dalam satu kata bahasa Inggris. Oleh karena, digunakan media ganda yakni papan tulis dan bahan ajar sederhana yang berisi kumpulan frase dari berbagai perspektif yang masih harus diisi dengan satu kata sebagai sinonomnya dalam bahasa Inggris. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) persepsi siswa terhadap pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda; 2) sama-tidaknya persepsi siswa terhadap pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda per kelompok sampel. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda. Mereka berjumlah 71 siswa; terbagi dari 36 kelas X.1 dan 35 kelas X.2. Sampel ditetapkan sebanyak 61 siswa; terbadi dari 31 siswa kelas X.1 dan 30 kelas X.2. Untuk mengumpulkan data persepsi siswa terhadap pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda digunakan instrumen kuesioner. Untuk memvalidasi data dan hasil analisis data digunakan daftar cek-ricek. Data persepsi siswa terhadap pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda dianalis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni frekuensi dan persen. Hasil penelitian: 1) persepsi siswa terhadap pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda berkategori sangat suka; 2) persepsi siswa terhadap pembelajaran memaknai frase bahasa Inggris menggunakan metode tanya-jawab melalui media ganda tidak berbeda per kelompok sampel.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Editor: Deffi Lestari. Sukabumi: Jejak.
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Jalil, A. & Rahman, E. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, Vol. 2, No. 1, 2023, 20-31, DOI : http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1)
W. Candra, I., & Sudarmanti, R. (2021). Pengaruh Pemberitaan Media Massa terhadap Persepsi Masyarakat tentang Susu Kental Manis. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal iLmu Komunikasi. Volume 4, Nomor 1, 2021, 80-89, DOI: https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2211
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amira Deani, Adif Alfalah, Ghina’a Jayanthi Putri, Andiana Perizga, Yusmanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.