Pembelajaran Keterampilan Membaca Paragraf Terpadu untuk Siswa Kelas Tinggi Bebasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.655Keywords:
reproduksi paragraf, faktual terpadu,, siswa kelas tinggi, keterbacaan paragrafAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) reproduksi paragraf faktual terpadu sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 2) keterbacaan reproduksi paragraf terpadu sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 003 Tarakan pada awal semester genap 2023/2024. Populasi adalah para siswa kelas 6 yang mengikuti tes kloz untuk menghasilkan data keterbacaan paragraf faktual terpadu. Mereka berjumlah 72 siswa yang terbagi dari tiga kelas paralel. Sampel ditetapkan sebanyak 61 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah tes kloz dan daftar cek-ricek. Data reproduksi paragraf faktual terpadu dianalisis secara tematik yakni analisis menurut perspektif struktur paragraf. Data keterbacaan teks prosedur dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) adanya reproduksi 6 paragraf faktual ttema profetik sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 2) adanya reproduksi 6 paragraf faktual tema maematika sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 3) adanya reproduksi 6 paragraf faktual tema IPA sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 4) reproduksi paragraf terpadu sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca memenuhi syarat keterbacaan.
Kata Kunci: reproduksi paragraf, faktual terpadu, siswa kelas tinggi, keterbacaan paragraf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendik Sutiyono, Arief Srijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.