Pembelajaran Keterampilan Membaca Paragraf Terpadu untuk Siswa Kelas Tinggi Bebasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah

Authors

  • Hendik Sutiyono SD Negeri 003 Simpang Tiga, Kalimatan Utara, Indonesia
  • Arief Srijayanti SD Negeri 003 Simpang Tiga, Kalimatan Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.655

Keywords:

reproduksi paragraf, faktual terpadu,, siswa kelas tinggi, keterbacaan paragraf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) reproduksi paragraf faktual terpadu sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 2) keterbacaan reproduksi paragraf terpadu sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 003 Tarakan pada awal semester genap 2023/2024. Populasi adalah para siswa kelas 6 yang mengikuti tes kloz untuk menghasilkan data keterbacaan paragraf faktual terpadu. Mereka berjumlah 72 siswa yang terbagi dari tiga kelas paralel. Sampel ditetapkan sebanyak 61 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah tes kloz dan daftar cek-ricek. Data reproduksi paragraf faktual terpadu dianalisis secara tematik yakni analisis menurut perspektif struktur paragraf. Data keterbacaan teks prosedur dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) adanya reproduksi 6 paragraf faktual ttema profetik sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 2) adanya reproduksi 6 paragraf faktual tema maematika sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 3) adanya reproduksi 6 paragraf faktual tema IPA sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca; 4) reproduksi paragraf terpadu sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca memenuhi syarat keterbacaan.

Kata Kunci: reproduksi paragraf, faktual terpadu, siswa kelas tinggi, keterbacaan paragraf

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sutiyono, H., & Srijayanti, A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Paragraf Terpadu untuk Siswa Kelas Tinggi Bebasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 833–840. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.655