Reproduksi Teks Prosedur Topik Matematika dan Sain Berbasis Kelayakan Isi dan Kelayakan Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.669Keywords:
reproduksi teks prosedur, topik matematika, sain, kelayakan isi, kelayakan bahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) reproduksi teks prosedur topik matematika berbasis kelayakan isi dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs; 2) reproduksi teks prosedur topik IPA berbasis kelayakan isi dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs; 3) rencana pembelajaran teks prosedur topik matematika dan topik IPA di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini berlangsung di pertengahan tahun 2024. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi materi yang relevan dengan topik teks prosedur topik maematika dan topik sain. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi teks prosedur yang direpoduksi dan memvalidasi data kelayakan isi dan kelayakan bahasa teks prosedur. Kelayakan isi teks prosedur topik matematika dan topik IPA dianalisis secara tematik-rasional. Kelayakan bahasa teks prosedur dinalisis menggunakan formula KIFMAR; sebuah formula keterbacaan Indeks Fog berbasis bahasa Inggris yang dimodifikasi untuk penggunaan uji keterbacaan teks bahasa Indonesia. Hasil penelitian: 1) reproduksi teks prosedur topik matematika berbasis kelayakan ini dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs berjumlah 10 teks prosedur; 2) reproduksi teks prosedur topik IPA berbasis kelayakan ini dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs berjumlah 3 teks prosedur. Hasil penelitian bidang kebahasaan ini bermanfaat bagi para guru Bahasa Indonesia karena artikel ini berpeluang untuk diimplementasikan dalam pembelajaran keterampilan membaca dan keterampilan menulis teks prosedur yang dipadukan dengan matematika dan dipadukan dengan IPA di kelas VII SMP/MTs.
References
Achmad, A., Chuzaimah, & Hilmi, H. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Isi Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Metode Model Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.20
Agustina, A., Chuxaimah, C., & Fransisca, C. A. (2023). Level Keterbacaan Cerita Rakyat ‘Batin Mabot’ dalam ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 3, September 2023. 183-192. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i3.27
Alfalah, A., Wulandesember, N. S., & Fauzan, K. (2024). Keterbacaan Struktur Pendahuluan Artikel Ilmiah Jurnal Online Fokus Pendidikan Terakreditasi Sinta-4-6. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 129–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.565
Andriyani, S. S., & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253
Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman, D. (2024). Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Eventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Pearson.
Elmustian, E., Permatasari, S., & Mustika, T. P.. (2021). Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Taman Karya.
Hadi, S., Lestari, S. S., Auzar, I. A., & Sudarmono. (2024). Reproduksi Paragraf Prosedur Tema Matematika Fase C sebagai Materi Pembelajaran Keterampilan Membaca. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 2, Maret 2024, 251-260.
Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Heryadi, D. (2024). Teknik Pemodelan dalam Pembelajaran Menulis Proposal Research. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 20(2), 251-261. doi:https://doi.org/10.25134/fon.v20i2.9345
Ismayatun, P., & Hidayat, H. (2024). Uji Kelayakan Bahasa Cerita Rakyat Betawi ‘Putri Keong Mas’ Menggunakan Teknik Kloz bagi Siswa SD/MI. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 109–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.569
Jarkasih, & Pasanea, E. Y. (2023). The Effectiveness of Copying Task Techniques in Teaching Materials for Learning to Appreciate the ’Putri Keong Mas’ Folklore. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 159–172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.18
Juriati, & Sabarani. (2024). The Readability of the Lingga Region Folklore Using Modified Fog Index Criteria Formula. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 143–162. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.33
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Mahsum, M. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.
Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249
Mondolalo, D., Angge, W., & Haria, W. (2023). The Readability of Folk Stories Using Kloz Text Based on Online Journal Scientific Articles. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 173–180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.19
Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508.
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Reyaan, C., & Wutwensa, N. Y. (2024). The Reproduction of Mathematics Theme Procedure Paragraphs for Reading Skills Learning Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.29
Sabarani, S. & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaug: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i1.5
Sabarullah, I., & Agustina. (2024). Penyusunan Tes Formatif Bentuk Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Validitas Isi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.634
Wahidah. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Substitusi Numerik melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.544
Widyawati, L., & Fuadin, A. (2023). Penggunaan Metode Model Teknik Substitusi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 233–244. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.143
Yanti, R., & Harti, S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.149
Zazuli, M. Z., Auzar, & Faizah, H. (2023). The Student Assessment of the Use of Online Journal-Based Google Form Media in Learning to Write Procedure Texts. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.10
Zuraidah, T. I., & Sihombing, R. S. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menyimak Paragraf Instruksi Numerik Menggunakan Teknik Latihan Intensif . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 489–498. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.613
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Razak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.