Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Strategi Ganda dalam Bahan Ajar Khusus

Authors

  • Asep Mulyono SMP negeri 9 Merauke, Papua Selatan, Indonesia
  • Markus Martius Lengkong SMP Negeri 9 Merauke, Papua Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.671

Keywords:

rencana pelaksanaan pembelajaran, keterampilan membaca, teks deskripsi, strategi ganda, bahan ajar khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP; 2) keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP; 3) sama-tidaknya keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Daftar cek-risek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP. Populasi dan sampel sebanyak 42 siswa yang mengikuti pembelajaran. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi data penelitian. Hasil penelitian: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP melibatkan 27 kegiatan inti; 2) siswa sangat aktif mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus. 

References

Andriyani, S. S., & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253

Arianty, A. (2024). Kabupaten Asmat dalam Angka 2024. Asmat: Biro Pusat Statistik Kabupaten Asmat.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Aryani, T. F., & Ariani, F. (2024). Prosedur Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Kloz melalui Bahan Ajar Mandiri. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 631–642. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.631

Bafadhal, B. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ergawati, E., Affan, I., Zulfahmi, T., Liesmaniar, C., Marsithah, I., & Milfayetty, S. (2023). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiaran Pembelajaran. JGK: Jurnal Guru Kita, Volume 7, Nomor 2, Maret 2023, 212-225, DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.42464

Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsara, C. M. N. S. (2024). Kabupaten Merauke dalam Angka 2024. Merauke: Biro Pusat Statistik Kabupaten Merauke.

Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 693–700.

Hassanah, A. U., & Fitry, A. (2024). Perencanaan Pembelajaran Kecepatan Memindai Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose melalui Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 653–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.633

Hermaditoyo, S. (2018). Teks Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10 Nomor 2, 137-273.

Latief, A. (2006). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Islam. Cetakan I. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Listiyanti, S. P., & Nanda, Y. (2024). Penggunaan Metode Model dan Pendekatan Individual dalam Pembelajaran Keterampilan Deklamasi Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 623–630. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.630

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardiana, D. & Pane, R. (2023). Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Topik Profetik Siswa Kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam. Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 461-470. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.318

Mondolalo, D. & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 263-270.

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Nova, M. M & Sumadi, S. (2017). Karakteristik Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, Volume 1 Nomor 2 2017, 1-7. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v1i22017p001

Rachman, F. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 3(2), 160–174. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v3i2.211

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2023). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sholeh, M. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat Sma Dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi, 4(2), 129–137.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiyanto, I., & Wahyuni, E. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607

Yulianti, R. D. S., Asrofah, A., & Septiana, I. (2023). Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi dalam Hasil Penerapan Metode Guessing Game pada Peserta Didik Kelas VII SMP. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1), 27-32. DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Mulyono, A., & Lengkong, M. M. (2025). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Strategi Ganda dalam Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.671