Pembelajaran Keterampilan Menulis Kalimat Tanya dari Kalimat Berita Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.672Keywords:
keterampilan menulis, kalimat tanya, kalimat berita, pendekatan keterampilan prosesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif; 2) hasil belajar keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif. Penelitian ini berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 siswa kelas 5 SD Negeri 012 Nunukan. Populasi dan sampel sebanyak 10 siswa yang mengikuti pembelajaran. Instrumen tes mengubah kalimat deklaratif menjadi kalimat tanya digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi kegiatan belajar-mengajar keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengubah kalimat deklaratif kepada kalimat tanya menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) pembelajaran keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif melibatkan 3 kegiatan awal, 23 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif siswa kelas 5 SD Negeri 012 Nunukan melewati mean baku minimal 70,00 yakni 88,00.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Aini, N., Muhammad, M., & Janah, R. (2024). Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Karya Ilmiah Pendidikan dan Praktisi SD/MI, Vol. 3, No. 1, 2024, 37-46. DOI: https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i1.2772
Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 793–800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647
Aminah, & Magal, M. (2024). Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Matematika Indikator Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 353–360. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.591
Andriyani, S. S., & Razak, A. (2024). Kelayakan Bahasa Cerita Rakyat ‘Hantu Berburu’ melalui Formula KIFMAR dan Reproduksi Rencana Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 213–226. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.578
Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif pada Pelajaran Tematik dengan Tema “Indahnya Kebersamaan” untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 13-22. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 731–744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258
Farianti, S., & Amrillah. (2024). Reproduksi Bahan Ajar Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 775–784. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.645
Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Haria, W., & Mondolalo, D. (2024). Pembelajaran Kemampuan Menemukan Gagasan Paragraf Tunggal Tema Kekayaan Energi melalui Pendekatan Individual Menggunakan BSE Tematik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.559
Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1
Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640
Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639
Hastuti, E., & Oktafiani, D. (2024). Pembelajaran Kecepatan Memindai Kata Adopsi di Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 75–84. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.562
Hatmah, R., & Afandi, J. (2024). The Relationship between Adopted Basic Word Listening Skills and Three-Digit Integer Listening Skills. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.24
Listiyanti, S. P., & Nanda, Y. (2024). Penggunaan Metode Model dan Pendekatan Individual dalam Pembelajaran Keterampilan Deklamasi Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 623–630. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.630
Mondolalo, D. & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 263-270.
Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A., & Elmustian. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761–774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644
Sadiah, T., & Herdiansyah, J. (2023). The Effectiveness of Numerical Substitution Techniques through Special Teaching Materials to Improve Mathematical Paragraph Writing Skills . DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 145–158. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.17
Safaruddin, S. & Nurfadilah, N. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas Rendah SD Menggunakan Teknik Analogi Kata Dasar melalui LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 307–322. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.586
Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12
Satria, S. & Suntoko, S. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14
Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susana, R., & Srimulyani, E. B. (2024). Prosedur Pembelajaran Menentukan Kalimat Pendukung Menggunakan Teknik Latihan Intensif melalui Media Kartu Soal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 785–792. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.646
Wibisono, T. S., & Annisah, R. (2023). The Effect of Using Constructivism Approach through Special Student Worksheet Media in Learning Reading Skills. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 121–134. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.14
Zaenuddin, A. R., Djuanda, D., Syahid, A. A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Komputer dalam Menentukan Kalimat Utama pada Tiap Paragaraf. Jurnal Pena Ilmiah Volume 2, Nomor 1, 2017, 1521-1530.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amiliah, Hodman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.