Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Profetik Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Manual
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.673Keywords:
keetrampilan membaca, cerpen profetik, strategi ganda, bahan ajar manualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual; 2) hasil belajar ketermpilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Populasi penelitian adalah para mahasiswa semester-1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Kupang yang berjumlah 27 mahasiswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 26 mahasiswa berdasarkan formula statistik. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keteramplian membaca cerpen profetik. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran membaca cerpen profetik Bahan ajar yang digunakan memiliki empat bagian. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel menggunakan skor baku mean ekspektasi 85,00. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual melibatkan 3 kegiatan awal, 27 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca cerpen profetik mengungguli mean baku minimal di atas 85,00 yakni 85,10.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Amelia, R., & Artimis. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 643-652. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632
Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 793-800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 731-744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642
Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Malik: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Syafi'i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan IV. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610
Elmustian, E., Razak, A., & Kholijah. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme Berbasis Teks Naratif untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian. FKIP Universitas Riau.
Farianti, S., & Amrillah. (2024). Reproduksi Bahan Ajar Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 775–784. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.645
Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579 (Original work published March 29, 2024)
Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D. (2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.577
Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701-714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640
Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594.
Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548
Permana, D., & Kurniawan, O. (2024). Keterampilan Membaca Parargaf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 745-760. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A., & Elmustian. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644
Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223-232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252
Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12
Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahab, M. H. A. (2012). 61 Kisah Pengantar Tidur: Diriwayatkan secara Shahih dari Rasulullah SAW dan Para Sahabat. Penerjemah: Munawarah Hannan. Jakarta: Darul Haq.
Wahab, M. H. A. (2012). 99 Kisah Orang Shalih. Penerjemah: Munawarah Hannan. Jakarta: Darul Haq.
Yulaeha, S., & Handayani, D. F. (2024). The Skills in Finding Factual Paragraph Ideas Using Copying Assignment Techniques on Simple Teaching Material. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 173-180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dini Ristiyanti Pratiwi, Gallant Karunia Assidik, Laili Etika Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.