Teks Naratif Favorit Pilihan Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Instrumen Google Form

Authors

  • Aris Nurhuda Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nusa Cendana, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Alex Djawa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nusa Cendana, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Betharia Pane Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nusa Cendana, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.674

Keywords:

teks naratif favorit, pilihan siswa, instrumen google form

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang; 2) sama-tidaknya teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa X SMA Negeri 7 Kupang yang mengisi kuesioner di google form yang disebarkan secara acak via guru Bahasa Indonesia berbasis WhatsApp. Mereka berjumlah 129 siswa yang terbagi dari 6 kelas paralel. Sampel ditetapkan 98 siswa; sesuai dengan formula Slavin. Jumlah sampel per kelompok ini ditetapkan secara proporsi yang dirarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Teks naratif yang dimaksud dalam artikel ini adalah teks eksposisi topik IPA, teks ekposisi topik matematika, teks prosedur topik IPA, dan teks prosedur topik matematika. Untuk mengumpulkan data teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang digunakan instrumen kuesioner via google form dengan sistem tertutup yang memenuhi syarat validitas isi. Data teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang dianalisis menggunakan korelasi kontingensi melalui penghitungan manual. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data google form melalui excel dan memvalidasi secara internal hasil penghitungan korelasi kontingensi. Temuan penelitian: 1) teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang adalah teks eksposisi; 2) terdapat perbedaan teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang per kelompok sampel. 

References

Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145

Akbar, Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosda Karya.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Andriyani, S. S., & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253

Andriyani, S. S. (2024). Amanat Teks Anekdot menurut Interpretasi Siswa dalam Pembelajaran Sekilas Menggunakan Bahan Ajar Sederhana. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 381–388. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.594

Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 731-744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642

Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Malik: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579 (Original work published March 29, 2024)

Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Gustiany, W., Burhanuddin, D., & Razak, A, (2015). Anecdote Text Writing Skill in Class X SMA YLPI Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Universitas Riau, Vol. 2, No. 2, 2015, 1-12.

Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hilmi, H. S. & Sumiharti. (2022). Detil Cerita Humor Yong Dolah untuk Pemanfaatan Perencanaan Pembelajaran Teks Anekdot: Riset Keperpustakaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 235-242. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.30

Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594.

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Kosasih, E. (2014). Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi. Reviuwer: Cut Nilawati. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun, M. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508.

Nurwahidah, L, S., Damayanti, D, A., Hamdani, A., Hasim, A., & Razak, A. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksposisi menurut Perspektif Kelas Paralel. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (4), 1298-1311. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8994

Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258

Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28

Razak, A., Yusuf, Y., & Tanjung, S. (2005). Celakanya Bibir: Kumpulan Humor Interaktif. Pekanbaru: Autografika

Razak, A., Yusuf, Y., & Tanjung, S. (2005). Celakanya Bibir: Kumpulan Humor Interaktif. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A., Syihabuddin, Damaianti, V. S., & Mulyati, Y. (2020) The Effectiveness of Islamic Characters by Approaching Constructivism in Reading Understanding Ability. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 4(2),1-12. https://ejournal.upi.edu/index.php/JOMSIGN/article/view/26214

Razak, A. (2025). Reproduksi Teks Prosedur Topik Matematika dan Sain Berbasis Kelayakan Isi dan Kelayakan Bahasa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.669

Rozalina, M., & Harti, S. (2023). Jenis Teks Naratif Unggulan menurut Penilaian Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 265–272. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.256

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223-232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Said, I. I. N., & Pratama, R. Y. (2019.) Analisis Kesulitan Belajar Teks Anekdot dengan Strategi Genius Learning. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 2, Nomor 2, Maret 2019, 145-152.

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Sari, T. H. (2023). Nilai Humor Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Penilaian Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 675–682. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.533

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Statistik. Surabaya: Airlangga University Press.

Siregar, J. (2019). Penerapan Model Pembelajran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematang Siantar. Bahastra: Jurnla Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 2, Maret 2019, 206-204.

Sudirman, A. N., Razak, A., & Suprapto, H. (2024). Uji Coba Skala Luas Bahan Ajar Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Profetik Berbasis Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.561

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syifa, S. (2020). Efektivitas Literatur Pilihan Siswa dan Guru dalam Membaca Teks Naratif pada Siswa dengan Motivasi Tinggi dan Rendah. Jurnal Pendidikan Nusantara,1(1),37-46.https://doi.org/10.52796/jpnu.v1i1.5

Ukmal, A. (2023). Pengaruh Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Khusus untuk Pembelajaran Kisah Teladan Umar bin Khaththab. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 787–796. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.551

Wati, E., Elmustian, E., & Auzar, A. (2019). Karakteristik Budaya Melayu dalam Kumpulan Cerita Yong Dolah versi Abdul Razak, Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Volume 1, Nomor 1, Juni 2019, 51-58.

Zazuli, M. Z., Auzar, A., & Faizah, H. (2023). The Student Assessment of the Use of Online Journal-Based Google Form Media in Learning to Write Procedure Texts. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.10

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Nurhuda, A., Djawa, A., & Pane, B. (2025). Teks Naratif Favorit Pilihan Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Instrumen Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.674