Pembelajaran Keterampilan Menemukan Amanat Cerita Rakyat Madura Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Alternatif

Authors

  • Hamidah SD Negeri Pancor V, Jawa Timur, Indonesia
  • Birrul Ansori SD Negeri Pancor V, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.677

Keywords:

keterampilan menemukan amanat, cerita rakyat Madura, strategi ganda, bahan ajar allternatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif; 2) hasil pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 6 SD Negeri Pancoran V yang mengikuti pembelajaran. Mereka berjumlah 7 siswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 7 siswa juga. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keteramplian menemukan amanat cerita rakyat Madura. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran dan memvalidasi hasil analisis data. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskripsi yakni mean dan persen. Target hasil pembelajaran 70,00. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif melibatkan 2 kegiatan awal, 18 kegiatan inti, dan 3 kegiatan akhir; 2) hasil pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura mencapai mean 76,67 pada nilai minimal 70,11 dan nilai maksimum 87,67. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Aida, S. N., & Yono, T. (2024). Validasi Teks Sequensial sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas Tinggi SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 389-396. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.595

Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 793-800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647

Andriani, A. S., Urbaningrum, A., Anggraeni, D., & Damayanti , W. (2024). Pembelajaran Menentukan Jenis Majas Puisi ‘Hujan di Waktu Itu’ Menggunakan Teknik Scaffolding melalui Media Poster. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 4, Juli 2024, 553-560. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.599

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 731-744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Damayanti, W., & Putri, I. (2024). Pembelajaran Identifikasi Pendekatan Kajian Sastra melalui Bahan Ajar Berbasis Google Form Menggunakan Teknik Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 6, November 2024, 825-832. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.653

Hatmah, R., & Afandi, J. (2024). The Relationship between Adopted Basic Word Listening Skills and Three-Digit Integer Listening Skills. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.24

Jarkasih, & Pasanea, E. Y. (2023). The Effectiveness of Copying Task Techniques in Teaching Materials for Learning to Appreciate the ’Putri Keong Mas’ Folklore. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 159-172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.18

Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 181-190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Sabarani & Razak, Abdul. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-40.

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223-232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Susana, R., & Srimulyani, E. B. (2024). Prosedur Pembelajaran Menentukan Kalimat Pendukung Menggunakan Teknik Latihan Intensif melalui Media Kartu Soal . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 785-792. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.646

Yulaeha, S., & Handayani, D. F. (2024). The Skills in Finding Factual Paragraph Ideas Using Copying Assignment Techniques on Simple Teaching Material. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 173-180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.36

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Hamidah, & Ansori, B. (2025). Pembelajaran Keterampilan Menemukan Amanat Cerita Rakyat Madura Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 101–108. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.677