Kualitas Pantun menurut Penilaian Mahasiswa melalui Instrumen Kuesioner Berbasis Google Form
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.680Keywords:
kualitas pantun, penilaian mahasiswa, kuesioner, google formAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa; 2) sama-tidaknya kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun akademis 2024/2025 di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Populasi penelitian ini adalah para mahasiswa angkatan 2023 S-1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengisi kuesioner berbasis google form via WhatsApp. Mereka berjumlah 74 mahasiswa yang terbagi dari 3 kelas paralel. Penelitian ini menggunakan sampel total karena jumlah anggota per kelompok sampel relatif kecil. Para mahasiswa diminta memilih yakni menilai kualitas pantun dengan sistem tertutup: 1) sangat tidak berkualitas; 2) tidak berkualitas; 3) berkualitas; 4) sangat berkualitas. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi hasil jawaban mahasiswa dari lembar excel dan memvalidasi hasil analisis data kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa. Data penilaian kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa dianalisis menggunakan prinsip modus dari kelompok statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) pantun-1 tidak berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 2) pantun-2 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 3) pantun-3 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 4) pantun-4 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 5) pantun-5 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 6) tidak terdapat perbedaan kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa per kelompok sampel.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Amelia, R., & Artimis. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 643–652. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632
Andriyani, S. S., & Yuliana, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun Tiga Seuntai melalui Two to Three Methods Berbasis LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 131–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.21s dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elmustian, E. Permatasari, S., & Mustika, T. P. (2021). Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Berbasis Teks Naratif untuk Kelas XI SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Yayasan Taman Karya.
Elmustian, E. Razak, A., & Kholijah, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme. Laporan Penelitian. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Halil, M. A., & Hilmi, H. S. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun Berbasis Teks Naratif Menggunakan T3M. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.583
Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Khoirotunnisa, R. P., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bermuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 238-244.
Mulyadi, & Mondolalo, D. (2023). Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 315–324. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277
Muryanto, A. K. (2017). Mengenal Pantun. Surabaya: Temprina Media Grafika.
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 6, November 2024, 761-770. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644
Resnani, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 62–69. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.62-69
(https://thexandria.com/unesco-tetapkan-pantun-sebagai-warisan-budaya-indonesia-dan-malaysia-cakeppppp/diakses pada 27/03/2021).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Welsi Damayanti, Istiqomah Putri Lushinta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.