Pembelajaran Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif menurut Menggunakan Pendekatan Ganda melalui Bahan Ajar Khusus

Authors

  • Sumiati SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Jefri Afandi SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.681

Keywords:

menulis paragraf induktif, berbasis paragraf deduktif, pendekatan ganda, bahan ajar khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaraam menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus; 2) hasil belajar menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani yang mengikuti pembelajaran. Mereka berjumlah 10 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak populasi. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif mengggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus menggunakan instrumen tes unjuk kerja. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaraam menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus melibatkan 3 kegiatan awal, 12 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar menulis paragraf induktif berbasis paragraf deduktif menggunakan pendekatan ganda melalui bahan ajar khusus mencapai mean 81,82. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Amalia, R. & Artimis, A. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 5, September 2024, 643-652. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632

Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 793-800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 731–744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614

Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610

Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640

Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Putrayasa, I. B. (2010). Kalimat Efektif: Diksi, Struktur, dan Logika, Cetakan III. Bandung: Refika Aditama.

Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21

Razak, A. (1992). Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A., & Elmustian. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223-232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono, S. (2007). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Bercirikan Keterampilan Proses. Cakrawala Pendidikan. Vol. XXVI, No. 2, Juni 2007, 235-254, DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8582

Wilujeng, I., Setiawan, A., & Liliasari, L. (2020). Kompetensi IPA Terintegrasi melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S-1 Pendidikan IPA. Cakrawala Pendidikan, Vol. XXIX No. 3, November 2020, 353-364, DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.363

Yulaeha, S., & Handayani, D. F. (2024). The Skills in Finding Factual Paragraph Ideas Using Copying Assignment Techniques on Simple Teaching Material. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 173-180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.36

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

Sumiati, & Afandi, J. (2025). Pembelajaran Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif menurut Menggunakan Pendekatan Ganda melalui Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 117–124. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.681