Ekspansi Tema dan Amanat Syair Kumbang Mengindera pada Syair Perahu dan Rencana Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.700Keywords:
ekspansi, tema dan amanat, syair Kumbang Mengindera, syair PerahuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tema teks syair Kumbang Mengindera; 2) tema teks syair Perahu; 3) ekspansi tema teks syair Kumbang Mengindera pada teks syair Perahu; 4) amanat teks syair Kumbang Mengindera; 5) amanat teks syair Perahu; 6) ekspansi amanat teks syair Kumbang Mengindera pada teks syair Perahu; 7) rencana pembelajaran ema dan amanat syair Kumbang Mengindera; 8) rencana pembelajaran tema dan amanat syair Perahu. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan. Melalui teknik dokumentasi digunakan pedoman observasi sebagai instrumen utama penelitian guna mengumpulkan data tema dan amaant teks syair. Instrumen kedua adalah pedoman cek-ricek untuk memvalidasi secara internal tema dan amanat syair. Data ekspansi tema dan amanat syiar Kumbang Meningidera sebagai teks hipogram pada syair Perahu sebagai teks transformasi dianalisis secara tematik. Hasil penelitian: 1) tema utama teks syair Kumbang Mengindera adalah pentingnya mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat yang diperkuat oleh 7 tema pendukung; 2) tema teks syair Perahu adalah orang yang berpegang teguh kepada tauhid yang diperkuat oleh 10 amanat pendukung; 3) ekspansi tema teks syair Kumbang Mengindera pada teks syair Perahu terletak pada jumlah tema; 4) amanat utama teks syair Kumbang Mengindera adalah siapkan diri untuk kehidupan akhirat yang diperkuat oleh amanat 7 amanat pendukung; 5) amanat utama teks syair Perahu adalah berpegang teguhlah kepada tauhid yang diperkuat oleh 10 amanat pendukung; 6) ekspansi amanat teks syair Kumbang Mengindera pada teks syair Perahu terletak pada jumlah amanat pendukung; 7) rencana pembelajaran tema dan amanat syair Kumbang Mengindera berisi 2 kegiatan awal, 14 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 8) rencana pembelajaran tema dan amanat syair Perahu berisi 2 kegiatan awal, 17 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Andriani, R. & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.
Aryani, T. F., Artimis, A., & Aryani, F. (2024). Amanat Cerita Rakyat ‘Nyamuk Penasaran’ menurut Interpretasi Siswa dalam Pembelajaran Terpadu. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 2, Nomor 2, Mei 2024, 131-140. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v2i2.41
Astuti, N, P., & Probowisi, P. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610
Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damayanti, W., & Hamidah, S. (2023). The Writing Skills Reducing Background of Scientific Articles Online Journal of Indonesian Education University Freshmen. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.1
Doda, L. B. K. A., & Sabarullah, I. (2024). Pesan Utama dan Pendukung ‘Tanam Bambu’ dalam Kumpulan Humor Interaktif ‘Celakanya Bibir’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 405-412. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.597
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI: 10.22373/lj.v5i2.2838
Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Juriati, J. & Razak, A. (2023). Tokoh, Tema, dan Amanat Cerita Rakyat ‘Wak Wang’ menurut Penilaian Siswa SMA Negeri 2 Senayang. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang. Volume 1, Nomor 2, 2023, 141-148, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i2.15
Kasrizal, K., & Elmustian, E. (2025). Ekspansi Unsur Intrinsik Syair Saudagar Bodoh terhadap Cerita Rakyat Ngidam Daging Pelanduk. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 4, Nomor 1, Januari 2025, 1-20, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i3.27
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8879
Pringga, R., & Sujatmiko, B. (2021). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37489
Rahman, E.& Jalil, A. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau
Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2023). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Reynolds, D. & Goodwin, A. (2016). Supporting Students Reading Complex Texts: Evidence for Motivational Scaffolding. AERA Open, October-December 2016, Vol. 2, No. 4, 1 –16.
Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 / jpfkip.v11i2.8649.
Sabarani, S. & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 2, Nomor 1, 17-40. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i1.5
Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sariasih, Y., & Praditha, L. E. (2023). The Writing Skills for Online Journal Scientific Article Recommendations for Tidar University Students. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.4
Setiawati, S., & Elmustian. (2025). The Expansion of Theme and Message of the Poem of Kunjungan Tengku Selangor to the Poem of Abdul Muluk and the Learning Plan. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.37
Setiowati, U., & Elmustian, E. (2025). Ekspansi Amanat dan Tema Syair Saudagar Bodoh terhadap Hikayat Indera Bangsawan. Gaug: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 3, Nomor 1, Januari 2025, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i1.5
Sinamo, J. H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Mahardika.
Sumiyadi, S. & Durrachman, M. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik. Sastra. Bandung: Alfabeta.
Sutardi, S. & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. DOI: https://doi.org/ 10.21831/hsjpi.v3i2.8400
Syarifuddin, S. (2013). Pengaruh Persia dalam Syair Sufi Syaikh Hamzah Fansuri. Media Syariah, Vol. XV No. 1, Januari- Juni 2013, 1005-114.
Zazuli, M. Z., Auzar, & Faizah, H. (2023). The Student Assessment of the Use of Online Journal-Based Google Form Media in Learning to Write Procedure Texts. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.10
Zulhelmi, Z. (2016). Karakteristik Sastra Sufi Hamzah Fansuri: Kajian terhadap Syair Perahu. Jurnal Adabiya: Vol. 18, No. 2, 2016, 10-17, DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v18i35.1203
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kastri Elmi, Elmustian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.