Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Paragraf Faktual sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.706Keywords:
penyusunan tes, keterampilan membaca, paragraf faktual, teknik pembelajaran terpaduAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur penyusunan tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu untuk kelas 6; 2) profil tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu untuk kelas 6. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Kawan, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali pada awal semester ganjil 2024/2025. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas 6 SD Negeri 5 Kawan yang mengikuti pembelajaran uji coba keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu. Instrumen penelitian adalah RPP, pedoman observasi, dan daftar cek-ricek yang memenuhi syarat validitas isi. Analisis data dilakukan secara tematik. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) prosedur penyusunan tes pilihan keterampilan membaca paragraf faktual melibatkan kegiatan: a) studi pendahuluan yang terfokus kepada tujuan dan indikator implisit pembelajaran keterampilan membaca paragraf faktual, b) spesifikasi tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu, c) penyusunan tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran terpadu, d) uji coba perangkat tes keterampilan membaca paragraf faktual di kelas 6 SD Negeri 5 Kawan, e) evaluasi dan revisi perangkat tes keterampilan membaca paragraf faktual hasil uji coba di kelas 6 SD Negeri 5 Kawan, f) reproduksi tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran terpadu; 2) profil tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu adalah 12 butir tes keterampilan membaca paragraf faktual topik matematika berbentuk pilihan ganda.
References
Adamris. (2023). Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Kepala SD untuk Penyusunan Tes Objektif sebagai Teknik Pembelajaran Membaca Paragraf. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 369–378. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.273
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.
Andriyani, S. S. (2022). Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 215-226.
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elma, E. (2022). Bimbingan Penyusunan Tes Keterampilan Membaca sebagai Teknik Pembelajaran: Supervisi Klinik Pengawas Sekolah terhadap Guru SD . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 747–754. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.204
Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1
Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara
Hassanah, A. U., & Fitry, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Tema Matematika Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.558
Lindrawati, L. (2022). Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Teknik Latihan Terstruktur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 561–572. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.131
Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain
Razak, A. (2024). Penyebab Utama Rendahnya Hasil Tes Formatif Keterampilan Menulis Paragraf Faktual: Metode Campuran Strategi Eksplanatori Sequensial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 669–676. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.636
Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 6, November 2024, 761-770. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644
Reyaan, C., & Wutwensa, N. Y. (2024). The Reproduction of Mathematics Theme Procedure Paragraphs for Reading Skills Learning Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.29
Sabarullah, I., & Agustina. (2024). The Speed Learning Results Test Scans the Word Adoption in a Manual Dictionary Using Chart Ekspose Model and Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.20
Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12
Sariwati, S. & Machmudah, F. . (2024). Keterampilan Menemukan Isi Paragraf Faktual dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 261–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.580
Supardi, & Pratiwi, E. Y. (2024). The Preparation of Integrated Teaching Materials Focused on Indonesian on Principal’s Supervision of High Grade Teachers. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luh Putu Manika Hermayuni, Ni Wayan Widiasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.