Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Paragraf Faktual sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu

Authors

  • Luh Putu Manika Hermayuni SD Negeri 5 Kawan, Bali, Indonesia
  • Ni Wayan Widiasih SD Negeri 5 Kawan, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.706

Keywords:

penyusunan tes, keterampilan membaca, paragraf faktual, teknik pembelajaran terpadu

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur penyusunan tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu untuk kelas 6; 2) profil tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu untuk kelas 6. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Kawan, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali pada awal semester ganjil 2024/2025. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas 6 SD Negeri 5 Kawan yang mengikuti pembelajaran uji coba keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu. Instrumen penelitian adalah RPP, pedoman observasi, dan daftar cek-ricek yang memenuhi syarat validitas isi. Analisis data dilakukan secara tematik. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) prosedur penyusunan tes pilihan keterampilan membaca paragraf faktual melibatkan kegiatan: a) studi pendahuluan yang terfokus kepada tujuan dan indikator implisit pembelajaran keterampilan membaca paragraf faktual, b) spesifikasi tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu, c) penyusunan tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran terpadu, d) uji coba perangkat tes keterampilan membaca paragraf faktual di kelas 6 SD Negeri 5 Kawan, e) evaluasi dan revisi perangkat tes keterampilan membaca paragraf faktual hasil uji coba di kelas 6 SD Negeri 5 Kawan, f) reproduksi tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran terpadu; 2) profil tes keterampilan membaca paragraf faktual sebagai teknik pembelajaran terpadu adalah 12 butir tes keterampilan membaca paragraf faktual topik matematika berbentuk pilihan ganda. 

References

Adamris. (2023). Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Kepala SD untuk Penyusunan Tes Objektif sebagai Teknik Pembelajaran Membaca Paragraf. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 369–378. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.273

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.

Andriyani, S. S. (2022). Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 215-226.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elma, E. (2022). Bimbingan Penyusunan Tes Keterampilan Membaca sebagai Teknik Pembelajaran: Supervisi Klinik Pengawas Sekolah terhadap Guru SD . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 747–754. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.204

Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara

Hassanah, A. U., & Fitry, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Tema Matematika Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.558

Lindrawati, L. (2022). Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Teknik Latihan Terstruktur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 561–572. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.131

Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain

Razak, A. (2024). Penyebab Utama Rendahnya Hasil Tes Formatif Keterampilan Menulis Paragraf Faktual: Metode Campuran Strategi Eksplanatori Sequensial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 669–676. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.636

Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 6, November 2024, 761-770. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Reyaan, C., & Wutwensa, N. Y. (2024). The Reproduction of Mathematics Theme Procedure Paragraphs for Reading Skills Learning Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.29

Sabarullah, I., & Agustina. (2024). The Speed Learning Results Test Scans the Word Adoption in a Manual Dictionary Using Chart Ekspose Model and Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.20

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Sariwati, S. & Machmudah, F. . (2024). Keterampilan Menemukan Isi Paragraf Faktual dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 261–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.580

Supardi, & Pratiwi, E. Y. (2024). The Preparation of Integrated Teaching Materials Focused on Indonesian on Principal’s Supervision of High Grade Teachers. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.16

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Hermayuni, L. P. M., & Widiasih, N. W. (2025). Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Paragraf Faktual sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(2), 249–256. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.706

Issue

Section

Articles