Teks Naratif Pilihan Siswa dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Menggunakan Teknik Rekaman Audio
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.707Keywords:
teks naratif, pilihan siswa, pembelajaran apresiasi sastra, teknik rekaman audioAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) teks naratif pilihan siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio; 2) sama-tidaknya teks naratif pilihan siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitin ini adalah para siswa kelas 5 SD Islam Terpadu Al Hikmah Palopo yang mengikuti pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio. Mereka berjumlah 48 siswa yang tergabung dalam dua kelas paralel; masingmasing 24 ahwat dan ihwan. Semua anggota populasi dijadikan anggota sampel. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan data teks naratif pilihan siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio. Instrumen nontes ini memenuhi syarat validitas isi karena disusun secara objektif dan sistematis. Instrumen lainnya yang digunakan adalah RPP pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio yang melibatkan 5 teks naratif yakni cerita rakyat, teks deskripsi, dan cerpen profetik. Data teks naratif pilihan siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni frekuensi dan persen melalui tabel distribusi frekuensi. Setiap data yang terkumpulkan dan hasil anaisis data divalidasi secara internal menggunakan pedoman cek ricek. Hasil penelitian: 1) teks naratif pilihan siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio adalah teks cerpen profetik; 2) tidak terdapat perbedaan teks naratif pilihan siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra melalui teknik rekaman audio per kelompok sampel.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Agustina, Yuliana, & Erlina. (2024). Reproduksi dan Keterbacaan Cerita Rakyat ‘Hantu Berburu’ melalui Formula Kriteria Indeks Fog Modifikasi Abdul Razak. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 465–478. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.612
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.
Andriyani, S. S., & Yuliana. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun Tiga Seuntai melalui Two to Three Methods Berbasis LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 131–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.21
Ardiansyah, B. (2023). Penilaian Siswa terhadap Pembelajaran Membaca Teks Negosiasi Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 575–584. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.299
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada
Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459
Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 141-150. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.25
Dewi, Y. S., Halil, M. A., Hasanah, A., & Damayanti, D. A. (2025). The Prophetic Short Story Reading Skills Learning Using Constructivism Approach via File Upload Google Form Option. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.41
Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 271-280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579 (Original work published March 29, 2024)
Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640
Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594.
Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321
Pratiwi, D. R., Assidik, G. K., & Rahmawati, L. E. (2025). Pembelajaran Membaca Cerpen Profetik Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Manual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 4, Nomor 1, Januari 2025, 61-72. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v4i1.673
Priatno, B., Suntoko, & Aminudin, A. A. (2025). Pembelajaran Amanat Utama Cerpen Profetik ‘Tidur di Masjid’ Menggunakan Metode Tanya Jawab. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.684
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A., Syihabuddin, Damaianti, V. S., & Mulyati, Y. (2020) The Effectiveness of Islamic Characters by Approaching Constructivism in Reading Understanding Ability. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 4(2),1-12. https://ejournal.upi.edu/index.php/JOMSIGN/article/view/26214
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Zita, Z. (2023). Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Perbandingan antara Topik Profetik dan Topik Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 489–498. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Diani Oktarina, Alfian Sarmana, Muhammad Syaiful Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.