Pembelajaran Keterampilan Membaca Paragraf Faktual Menggunakan Teknik Tanya Jawab Lisan melalui Bahan Ajar Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.711Keywords:
keterampilan membaca, paragraf faktual, tanya jawab lisan, pilihan ganda, bahan ajar sederhanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf faktual menggunakan teknik taya jawab lisan melalui bahan ajar sederhana; 2) hasil belajar keterampilan membaca paragraf faktual menggunakan teknik taya jawab lisan melalui bahan ajar sederhana. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Mataram yang berlangsung semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca paragraf faktual menggunakan teknik taya jawab lisan melalui bahan ajar sederhana. Mereka berjumlah 16 siswa dari 18 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total yakni semua anggota populasi diikutsertakan menjadi anggota sampel. Instrumen utama penelitian ini adalah bahan ajar sederhana yang berisi butir-butir pertanyaan berbentuk pilihan ganda 3 opsi. Instrumen kedua adalah tes keterampilan membaca paragraf faktual berbentuk pilihn ganda 3 opsi. Instrumen ketiga adalah RPP. Insrumebn keempat adalah daftar cek-ricek yang berguna untuk memvalidasi data hasil analisis data. Data prosedur pembelajaran dianalisis menggunakan pendekatan tematik dengan cara melihat kesesuaian antara prosedur perencanaan pembelajaran dengan prosedur pelaksanaan di kelas. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf faktual menggunakan teknik taya jawab lisan melalui bahan ajar sederhana berisi 3 kegiatan awal, 12 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran; 2) hasil belajar keterampilan membaca paragraf faktual mencapai mean 83,33 persen.
References
Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Asnan, A. (2022). Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.205
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Darningsih. (2023). The Learning English Paragraph Reading Skills through Constructivism Approach Using Student Worksheets Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.11
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391-400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Fraenkel, J. R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.
Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639
Hasnawati, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Struktur Plus Pendekatan Individual Bermedia LKPD Daftar Kata Dasar. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 441–456.
Kasim, H., & Razak, A. (2023). The Effectiveness of Chart Ekspose Media to Increase Speed of Scanning English-Indonesia Dictionary Manual. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 135–144. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.13
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Permana, D., & Kurniawan, O. (2024). Keterampilan Membaca Paragraf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 745–760. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248
Sudirman, A. N., Razak, A. ., & Melinda, Y. (2023). Kelancaran Membaca Kata Dasar Suku Terbuka Siswa SDIT Yayasan Islam Al-Kahfi Batam menurut Penilaian Guru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 613–624. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.478
Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, U., & Andriani, F. (2022). Keterampilan Menemukan Kalimat dan Gagasan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 431–440. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.59
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Baiq Nuriati Hasanah, Didik Suhendar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.