Reproduksi Teks Kloz Berbasis Paragraf Prosedur Terpadu untuk Bahan Pengayaan di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i3.713Keywords:
paragraf prosedur terpadu, reproduksi teks kloz, bahan ajar pengayaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur reproduksi teks kloz berbasis paragraf prosedur terpadu untuk bahan ajar pengayaan untuk kelas 5 SD/MI; 2) profil reproduksi teks kloz berbasis paragraf prosedur terpadu untuk bahan ajar pengayaan untuk kelas 5 SD/MI. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD Negeri 02 Nabire yang mengikuti pembelajaran uji coba skala terbatas dan skala luas. Mereka berjumlah 25 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 24 siswa berdasarkan formula statistik. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data prosedur reproduksi teks kloz berbasis paragraf terpadu untuk bahan ajar pengayaan di kelas 5 SD/MI. Instrumen lain adalah daftar cek-ricek. Data prosedur reproduksi teks kloz berbasis paragraf terpadu untuk bahan ajar pengayaan di kelas 5 SD/MI dianalisis secara tematik. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur reproduksi teks kloz berbasis paragraf prosedur terpadu untuk bahan ajar pengayaan untuk kelas 5 SD/MI adalah: a) prosedur analisis keperluan; b) prosedur desain yakni spesifikasi; c) prosedur pengembangan; d) prosedur uji coba di kelas 5 SD; dan e) prosedur evaluasi dan revisi; 2) profil reproduksi teks kloz berbasis paragraf prosedur terpadu untuk bahan ajar pengayaan untuk kelas 5 SD/MI berjumlah 10 teks kloz; masingmasing 5 bertopik IPA dan matematika.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.
Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610
Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579
Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Hadi, S., Lestari, S. S., Auzar, I. A., Gurmarni, & Sudarmono, S. (2024). Reproduksi Paragraf Prosedur Tema Matematika Fase C sebagai Materi Pembelajaran Keterampilan Membaca. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 251–260. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.575
Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147
Lipa, Y., & Karang, D. D. (2024). Pembelajaran Seni Budaya Menggunakan Teknik Teks Kloz melalui Bahan Ajar Manual. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 2, Nomor 3, September 2024, 215-224, DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v2i3.73
Mondolalo, D., Angge, W., & Haria, W. (2023). The Readability of Folk Stories Using Kloz Text Based on Online Journal Scientific Articles. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 173–180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.19
Niswanti, S., & Novmarengga. (2025). The Learning Inductive Paragraph Writing Skills Based on Deductive Paragraphs Using a Constructivist Approach in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 19–28. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.40
Permana, D., & Kurniawan, O. (2024). Keterampilan Membaca Paragraf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 745–760. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643
Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2024a). Penggunaan Topik Matematika melalui Bahan Ajar Khusus dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Prosedur. Pekanbarui: Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta.
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434
Sudirman, A. N., Razak, A., & Suprapto, H. (2024). Uji Coba Skala Luas Bahan Ajar Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Profetik Berbasis Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 1, Januari 2024, 49-62. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.561
Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutiyono, H., & Srijayanti, A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Paragraf Terpadu untuk Siswa Kelas Tinggi Bebasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 833–840. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.655
Widiastuti, R., Elmustian, & Syafrial. (2023). The Development of an Assessment Instrument for Learning the Meaning of Proverbs through Essay Tests Using Google Form Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 73–84. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muis Ahmad, Choiril Yuni Hartanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.