Utilization of Coggle Applications in Learning Writing Skills for Descriptive Texts

Authors

  • Hera Handayani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana, Jawa Barat, Indonesia
  • Aprilla Adawiyah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana, Jawa Barat, Indonesia
  • Sukaesih Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana, Jawa Barat, Indonesia
  • Andi Sutandi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i4.736

Keywords:

Coggle aplication, writing skills, descriptive text

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil belajar dengan memanfaatkan aplikasi Coggle dalam menulis teks deskripsi yang tepat dari segi struktur dan kaidah kebahasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif berjenis eksperimen dengan desain penelitian one group pretest postest. Sampel pada penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu Kelas VII-A. Skor rata-rata yang dicapai peserta didik pada tes awal (Pretest) adalah 45, Sementara itu, skor rata-rata yang dicapai pada tes akhir (Postest) adalah 94. Disamping itu, berdasarkan rata-rata indeks N-Gain yang diperoleh yaitu 0,8874 atau sekitar 89% sehingga aplikasi Coggle dapat dikategorikan efektif dalam menulis teks deskripsi.

References

Adawiyah, A., Sadiyah, I. H., Nursyifa, D., & Widanings, A. S. (2022). Literasi Digital Melalui Realitas Virtual dalam Pembelajaran Kosakata. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 12(1), 21–26. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i1.1739

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Arifin, J. (2017). SPSS24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Aryani, & Achmad, A. M. (2025). Learning Outcomes of Reading Skills for Prophetic Topic Exposition Texts Using the Process Skills Approach and Copying Assignment Techniques. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(2), 87–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i2.47

Faida, F. (2023). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. PENSA, 5(3), 10-14. https://doi.org/10.36088/pensa.v5i3.4346

Florina, N., & Atmazaki, A. (2023). Pengaruh Model Flipped Classroom dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Proposal Kegiatan Siswa Kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 79-94. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.624

Dewantara, D. (2019). Penerapan Pembelajaran dengan Metode Mindmapping Menggunakan Coggle. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea

Dewi, Y. S., Halil, M. A., Hasanah, A., & Damayanti, D. A. (2025). The Prophetic Short Story Reading Skills Learning Using Constructivism Approach via File Upload Google Form Option. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.41

Jendriadi, J., Handayani, D. F., & Noprina, W. (2023). The Exposition Text in Online Journal Scientific Articles : Objective Perspective and Level of Difficulty according to Student Perceptions. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.5

Kosasih, E. (2018). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penyusunannya. Editor: Mulyadi Yadi. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Maelasari, N., Efendi, M., & Rusdiawan. (2025). The Learning Reading Skills of Expository Texts Using a Constructivist Approach through Google Form-Based Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.44

Magdalena, I., Wahidah, A. R., Rahmah, G., & Maharani, S. C. (2020). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pangadegan 2. PENSA, 2(3), 376-392. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i3.1015

Mutaqim, M., Hartono, B., & Utami, S. P. T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode AJJI (Amati Jaring-jaring Ide) dengan Media Skema Barang Kenangan pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang. JBBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa dnan Sastra Indonesia, 6(1), 9-16, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Neliwati, N. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). Medan: Widya Pusaka.

Nurfadila, S. et al. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Editor: Resa Awahita. Sukabumi: Jejak.

Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 13-30. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.316

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Shokri, S. S. M., Salihan, S., & Hamid, M. H. A. (2021). Inovasi Digital dalam Pengajaran & Pembelajaran Program Tahfiz di Universiti Tenaga Nasional (UNITEN): Digital Innovation in Teaching & Learning Tahfiz Programme at Universiti Tenaga Nasional (UNITEN). Al-Irsyad: Journal of Islamic and Contemporary Issues, 6(1), 495–507. https://doi.org/10.53840/alirsyad.v6i1.137

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukarelawa, M. I., Toni, K. I., & Suci, M. A. (2024). N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Postest.

Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian. Editor: Neila Sulung. Padang: Global Eksekutif Teknologi

Yuliani N. I., Mastuti Henny, & KA Prabowo AB. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Teks Deskriptif Dengan Menggunakan Teknik Mindmapping DI Kelas Sepuluh SMA Negeri Semarang Tahun Ajaran 2028/2019. Media Penelitian Pendidikan, 12.

Yuniarti, L., Putria Yanti, Z., & Gusriani, A. (2023). The Relationship between Reading Skills of Online Journal Articles and Writing Skills Reduction of Online Journal Article Findings. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.7

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Handayani, H. . ., Adawiyah, A., Sukaesih, & Sutandi, A. (2025). Utilization of Coggle Applications in Learning Writing Skills for Descriptive Texts. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(4), 693–704. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i4.736

Issue

Section

Articles