Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Apresiasi Kisah Teladan Menggunakan Strategi Terpadu melalui Bahan Ajar Manual

Authors

  • Sumiati SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Jefri Afandi SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.701

Keywords:

respon siswa, apresiasi kisah teladan, strategi terpadu, bahan ajar manual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual; 2) sama-tidaknya keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2024/2025 di SMP Islam Terpadu Ibnu Hajar Asqalani. Populasi penelitin ini adalah para siswa kelas 8 dan 9 yang mengikuti pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual. Mereka hanya 17 siswa; terbagi dari 9 siswa kelas 8 dan 8 siswa kelas 9. Penelitian ini menggunakan sampel total karena populasi berukuran kecil. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual. Untuk memvalidasi data dan hasil analisis data digunakan pedoman cek-ricek. Data keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni frekuensi, persen, dan modus. Hasil penelitian: 1) keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual berkategori sangat aktif; 2) tidak terdapat kategori keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi kisah teladan menggunakan strategi terpadu melalui bahan ajar manual per kelompok sampel. 

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.

Amelia, R., & Artimis, A. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 643-652. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632

Andriani, R. & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banont, A. M. R. & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 499-508. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.614

Bungawati. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Daftar Perkalian melalui Pendekatan Keterampilan Proses Berbasis Teknik Tes Individual . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 191–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.247

Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 597–612.

Damayanti, W. (2022). Keefektifan Metode Model Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Pengetahuan Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 293–300. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.45, https://pembahas.dialeks.id/index.php/jp/article/view/45

Damayanti, W., Harini, Y. N., & Lushinta, I. P. (2024). Tema dan Amanat Sastra Nusantara menurut Apresiasi Mahasiswa melalui Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 323–342. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.588

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Permana, D., & Kurniawan, O. (2024). Keterampilan Membaca Paragraf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 745–760. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643

Dewi, Y. S., Halil, M. A., Hasanah, A., & Damayanti, D. A. (2025). The Prophetic Short Story Reading Skills Learning Using Constructivism Approach via File Upload Google Form Option. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.41

Elmustian, E., Rasdana, O, & Alfalah, A. (2024). Tema Utama Cerpen Profetik menurut Respon Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 2, Maret 2024, 203-212. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.576

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI: 10.22373/lj.v5i2.2838

Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579

Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara

Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147

Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701-714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640

Ismail, H., Suryani, & Hardiansyah. (2025). Pembelajaraan Mengidentifikasi Amanat Pantun Menggunakan Bahan Ajar Alternatif Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 109–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.679

Juriati, J. & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594.

Juriati, & Sabarani. (2024). The Readability of the Lingga Region Folklore Using Modified Fog Index Criteria Formula. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 143–162. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.33

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Mulyadi, & Wirda. (2024). The Learning Pantun Pause Marks through the Process Skills Approach in Innovative Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 163–172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.35

Murtudlo, A. & Widhyahrini, K. (2019). Model Pembelajaran Interaktif dengan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Quality: Journal of Emperical Research ini Islamic Education, Vol. 7, No. 2, 32-47, DOI : 10.21043/quality.v7i2.5848

Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8879

Priatno, B., Suntoko, & Aminudin, A. A. (2025). Pembelajaran Amanat Utama Cerpen Profetik ‘Tidur di Masjid’ Menggunakan Metode Tanya Jawab. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.684

Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28

Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21

Razak, A. (2016). Meneguhkan Jalan Menuju Surga: Bahan Ajar Kemampuan Membaca Berpendekatan Konstruktivisme untuk Kelas VII SMP/MTs. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 / jpfkip.v11i2.8649.

Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248

Sabariah, S. & Norisah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Sahria, S. (2023). Hubungan Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur melalui Teknik Substitusi Numerik dalam LKPD terhadap Pencapaian Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 831–840. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.557

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widiastuti, R., Elmustian, & Syafrial. (2023). The Development of an Assessment Instrument for Learning the Meaning of Proverbs through Essay Tests Using Google Form Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 73–84. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.9

Yamin, M., & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Yulaeha, S., & Handayani, D. F. (2024). The Skills in Finding Factual Paragraph Ideas Using Copying Assignment Techniques on Simple Teaching Material. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 173–180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.36

Zita & Maimunisyah. (2023). Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik menurut Respon Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 255–264. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.257

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Sumiati, & Afandi, J. (2025). Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Apresiasi Kisah Teladan Menggunakan Strategi Terpadu melalui Bahan Ajar Manual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(2), 205–214. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.701

Issue

Section

Articles