Pembelajaran Keterampilan Menemukan Isi Artikel Ilmiah Menggunakan Strategi Inovasi melalui Google Form Opsi File Upload
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.703Keywords:
isi artikel ilmiah, srategi inovasi, google form, opsi file uploadAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran menemukan isi artikel ilmiah jurnal online menggunakan strategi inovasi melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload; 2) hasil belajar menemukan isi artikel ilmiah jurnal online menggunakan strategi inovasi melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun akademik 2024/2025. Populasi penelitin ini adalah para mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia dan Jurusan Ilmu Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang mengikuti pembelajaran dan submit di google form opsi file upload. Mereka berjumlah 66 mahasiswa; 34 mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dan 32 mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum. Sampel ditetap sebanyak 57 mahasiswa berdasarkan formula statistik. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran. Instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menemukan isi artikel ilmiah jurnal online menggunakan strategi inovasi melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload yang disusun secara objektif dan sistematis. Data prosedur pembelajaran menemukan isi artikel ilmiah jurnal online menggunakan strategi inovasi melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran menemukan isi artikel ilmiah jurnal online menggunakan strategi inovasi melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload melibatkan 3 kegiatan awal, 55 kegiatan inti, dan 3 kegiatan akhir; 2) hasil belajar menemukan isi artikel ilmiah jurnal online fmenggunakan strategi inovasi melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload mencapai target mean baku 85,00.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Afidah, N. N. & Liswati, K. N. (2022). Prates Keterampilan Membaca Temuan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 573–584. https://doi.org/10.55909/ jpbs.v1i5.138
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Antoni, A. (2023). Penerapan Asas Inversi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak terhadap Anak-Anak yang Melakukan Tindak Pidana Pencurian. Ta’zir: Jurnal Hukum Pidana, 7(2), 80-94. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tazir.v7i2.20082
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Aryaningsih dkk., 2013
Astuti, N, P., & Probowisi, P. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dafittra, F., Putri, A. H., Miswanto, & Nurlela. (2023). Pengaruh Teknik Scaffolding Berbasis Media Inovatif dalam Pembelajaran Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 667–674. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.528
Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 141–150. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.25
Damayanti, W. (2022). Keefektifan Metode Model Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Pengetahuan Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 293–300. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.45, https://pembahas.dialeks.id/index.php/jp/article/view/45
Damayanti, W., & Hamidah, S. (2023). The Writing Skills Reducing Background of Scientific Articles Online Journal of Indonesian Education University Freshmen. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.1
Damayanti, W., Harini, Y. N., & Lushinta, I. P. (2024). Tema dan Amanat Sastra Nusantara menurut Apresiasi Mahasiswa melalui Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 323–342. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.588
Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 4, Juli 2024, 451-464. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610
Dewi, Y. S. & Nurhasanah, N. (2022). Keefektifan Teknik Debat untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.29
Dewi, Y. S., Halil, M. A., Hasanah, A., & Damayanti, D. A. (2025). The Prophetic Short Story Reading Skills Learning Using Constructivism Approach via File Upload Google Form Option. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.41
Elmustian, E. & Razak, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Kontruktivisme melalui Teks Naratif untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Laporan Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Fuadin, A., & Damayanti, W. (2023). Keterampilan Menulis Rumusan Masalah Artikel Ilmiah Bermedia Jurnal Online bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.226
Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Hariyati, S., Setiyawati, M., Inderawati, N., Dani, E., Asmiah, & Hayati, A. (2024). The Preparation of Student Worksheet for Cursive Writing Based on Pantun Using the Copy Assignment Technique. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.23
Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara
Hassanah, A. U. & Fitry, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Tema Matematika Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 1, Januari 2024, 15-26. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.558
Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640
Ismail, H., Suryani, & Hardiansyah. (2025). Pembelajaraan Mengidentifikasi Amanat Pantun Menggunakan Bahan Ajar Alternatif Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 109–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.679
Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-35.
Maniru, A., & Rochmiatun, S. (2022). Sanksi Pidana bagi Pelaku yang Memasok Alat Kesehatan Tanpa Izin Edar untuk Penanggulangan Virus Covid-19 menurut Undang-Undang Nomor 2009 tentang Kesehatan Ditinjau dari Hukum Pidana Islam. Ta’zir: Jurnal Hukum Pidana, 6(2), 78-88. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tazir.v6i2.14359 https://alumni.radenfatah.ac.id/index.php/tazir/article/view/14359
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321
Permana, D., & Kurniawan, O. (2024). Keterampilan Membaca Paragraf Prosedur dalam Pembelajaran Berbasis Google Form melalui Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 745–760. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.643
Priatno, B., Suntoko, & Aminudin, A. A. (2025). Pembelajaran Amanat Utama Cerpen Profetik ‘Tidur di Masjid’ Menggunakan Metode Tanya Jawab. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.684
Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 273–280.
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Rahmawati, R., Muslimin, A. A., & Idawati, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 227 Inpres Takalar II Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1141-1148. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8589.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2017:17). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A., & Elmustian. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761-774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644
Reynolds, D. & Goodwin, A. (2016). Supporting Students Reading Complex Texts: Evidence for Motivational Scaffolding. AERA Open, October-December 2016, Vol. 2, No. 4, 1 –16.
Royani, R., & Sumantri, W. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615
Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222.
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434
Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12
Sariasih, Y., & Praditha, L. E. (2023). The Writing Skills for Online Journal Scientific Article Recommendations for Tidar University Students. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.4
Sianura, O., & Tamudin, M. (2023). Penegakan Hukum terhadap Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup (di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). Ta’zir: Jurnal Hukum Pidana, 7(2), 141-156. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tazir.v7i2.20464
Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutardi, S. & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. DOI: https://doi.org/ 10.21831/hsjpi.v3i2.8400
Valtonen, T., Tedre, M., Mäkitalo, K., & Vartiainen, H. (2019). Media Literacy Education in the Age of Machine Learning. Journal of Media Literacy Education, 11(2), 20-36.
Wibowo, S. E., & Sujarwo, S. (2022). The Development of Teaching Materials Based Outcome-Based Education Curriculum to Encourage Teacher Skill. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(2), 131-143. doi: https://doi.org/10.21831/jppm.v9i2.53785
Widiastuti, R., Elmustian, E. & Syafrial, S. (2023). The Development of an Assessment Instrument for Learning the Meaning of Proverbs through Essay Tests Using Google Form Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 73-84. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.9
Yuniarti, L., Putria, Z., & Gusriani, A. (2024). Hubungan antara Keterampilan Membaca Artikel Jurnal Online dan Keterampilan Menulis Reduksi Temuan Artikel Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 537–544. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.215
Zita, Z. (2023). Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Perbandingan antara Topik Profetik dan Topik Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 489–498. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.320
Zauha, J. & Ragains, P. (2011). Teaching Matters: Is There a Text in This Class? E-Readers, E-Books, and Information Literacy. Communications in Information Literacy, 5 (2), 2011, 68-73.
Zulfadhli, M. (2022). Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: :Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulis Sulistiana Dewi, Welsi Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.